Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Aki Sepeda Motor Agar Awet dengan Benar

Cara Merawat Aki Motor Agar Awet dengan Benar Cara Merawat Aki Sepeda Motor Agar Awet dengan Benar
Aki Mobil

Cara merawat aki motor supaya awet memang mudah, akan tetapi terkadang kita menyepelekannya yang ujung-ujungnya aki motor tekor. Sudah kita ketahui bahwa aki terbagi menjadi dua yaitu aki basah dan aki kering, punya kemiripan dalam hal penggunaan akan tetapi beda dalam istilah.

Pentingnya peranan aki pada motor mengharuskan kita sebagai pemiliknya harus lebih rajin lagi melakukan perawatan aki sepeda motor secara benar dan berkala.

Baca Juga : Mau Tahu Apa Perbedaan Aki Kering dengan Aki Basah? Mari simak ulasannya

Langsung saja berikut ulasan mengenai perawatan aki baik kering atau pun basah pada motor.

Cara Merawat Aki Sepeda Motor Agar Awet dengan Mudah dan Benar

Panasi Mesin Motor

Sepele sekali akan tetapi terkadang terlupakan, rutin menyalakan mesin motor kendati tidak keluar rumah sekalipun adalah hal mutlak dan wajib dilakukan.

Mesin yang dipanasi secara berkala akan lebih terjaga kondisinya, mulai dari kondisi mesin itu sendiri sampai aksesoris pendukung seperti kelistrikan.

Suplai arus listrik yang tetap terjaga dengan mendapat pasokan dari mesin yang kemudian akan disimpan dan dialirkan kembali aki ke seluruh sistem kelistrikan sepeda motor. Itulah kenapa memanasi mesin motor secara rutin sangat dianjurkan, walaupun hanya 15 menit sehari.

Hanya yang perlu diingat saat memanasi sepeda motor, ada baiknya di tempatkan di luar ruangan jangan sekali-kali di dalam ruangan tertutup. Hal tersebut dapat membahayakan keselamatan karena terkadang asap kendaraan mengeluarkan gas CO yang bersifat racun.

Kick Starter

Saat pertama kali menyalakan mesin motor terdapat dua pilihan mau ribet atau praktis Bro, antara dengan cara digenjot dengan kaki (kick starter) atau hanya dengan dipencet langsung hidup (electrik starter).

Pilihan selalu ada, akan tetapi mana yang terbaik untuk aki motor? Kick starter menjadi pilihan terbaik, dinilai terlalu rekoso dan memerlukan banyak tenaga akan tetapi ini lah yang disarankan. Tidak mengandalkan listrik dari aki untuk menghidupkan motor akan menjaga aki dan meminimalisir aki tekor.

Aksesoris Motor

Cara merawat aki motor bisa dimulai dari terjaganya standard dari motor itu sendiri, menyalahi aturan dengan tidak mempertimbangkan keadaan dari motor itu sendiri adalah hal yang konyol.

Tren modifikasi motor dengan pemasangan aksesoris yang berlebihan, acap kali menjadi pemicu aki soak. Pemasangan aksesoris seperi : lampu-lampu, klakson, dan beberapa perangkat audio tambahan, yang hanya semakin membebani arus listrik dari aki.

Baca Juga : Tips Sederhana Cara Merawat Aki Basah pada Mobil dengan Benar

Jika ngotot tetap ingin melakukannya, lebih baik pada sistem kelistrikan seperti komponen pendukung terlebih dahulu dicustom sesuai kebutuhan.

Air Aki

Khusus tipe aki basah dan tidak berlaku bagi aki kering yaitu seperti memeriksa kualitas air aki dan mengecek ketinggian dari air aki tersebut.

Langsung saja Bro dimulai dari cara merawat aki motor dengan memperhatikan kualitas air aki tersebut, periksa apakan berah jenis air aki sesuai standard atau tidak. Lakukan penggantian bila tidak sesuai, untuk mengoptimalkan kinerja aki motor. Sekedar tambahan gunakan hydrometer untuk memeriksa berat jenis air aki.

Lanjut kebagian kedua saat kita harus mengecek ketinggian volume air aki, cek apakah volume air aki masih sesuai standar apa tidak.

Periksa volume air aki dengan cara melihat bodi aki, apakah air aki berada di low atau up. Jika dirasa sudah berada di low, sebaiknya ditambahkan sampai batas antara low dengan up.

Pengisian air aki yag berlebihan hanya bersifat merusak komponen, terutama besi yang akan korosi terkena cairan asam sulfat.

Kiprok 

Kiprok rusak jelas mempengaruhi sistem kelistrikan sepeda motor, cara mengetahuinya dengan mengamati kondisi lampu motor. Suka redup dan sering kali tidak stabil terangnya.

Maka dari itu komponen yang berfungsi sebagai regulator penyuplai listrik ke aki, harus segera diganti jika mengalami kerusakan agar aki tidak cepat soak karenanya.

Karat atau jamur
Pemeriksaan ini meliputi pembersihan bagian-bagian vital aki, seperti : terminal atau kutub-kutub aki.

Bersihkan kedua terminal dengan cara diamplas, lakukan secara rutin terlebih saat sudah mulai tumbuh jamur atau karat pada aki. Hal ini bermanfaat memperlancar arus listrik aki ke sistem kelistrikan sepeda motor.

Electrik Starter yang Berlebihan

Sering terjebak dan tidak sadar melakukan kesalahan, sepele tapi lama kelamaan tidak baik untuk kuda besi Bro and Sis. Merawat aki motor tidak melulu hanya dengan pengecekan kondisi, akan tetapi patut juga untuk membiasakan dan memperlakukan motor dengan benar.

Nah, tanpa disadari banyak pengendara motor mematikan motornya walaupun hanya selang satu menit kemudian dinyalakan lagi. Sah-sah saja jika menggunakan kick starter, akan tetapi jika menggunakan electrik starter akan lebih boros tentunya.

Lebih baik tetap nyalakan mesin motor karena beberapa saat lagi motor juga akan digunakan. Dalam hal seperti ini mungkin motor tidak begitu terasa, akan tetapi untuk bis, truk, dan angkutan besar lainnya sangat terasa.

Matikan Semua Komponen Kelistrikan

Suka teledor dan lupa mematikan lampu motor, hanya akan menambah beban saat kita menghidupkannya lagi.

Sebaiknya matikan komponen tersebut terlebih dahulu sebab saat starter dilakukan, beban akan bertambah dari hanya menghidupkan motor ditambah dengan beban menghidupkan lampu atau yang lainnya.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Aki Mobil yag Sering Tekor

Nah, banyak kan Bro keseharian kita ternyata masih harus dibenahi lagi dalam memperlakukan si kuda besi kesayangan. Jangan sampai deh aki tekor karena kita gaptek akan tata cara merawat aki sepeda motor yang benar. Sampai jumpa salam beritabelita.

Post a Comment for "Cara Merawat Aki Sepeda Motor Agar Awet dengan Benar"