-->

Cara Merawat Mesin Sepeda Motor Baru dan Lama yang Benar itu Mudah

Cara Merawat Mesin Sepeda Motor Baru dan Lama yang Benar itu Mudah Cara Merawat Mesin Sepeda Motor Baru dan Lama yang Benar itu Mudah
Motor

Membahas tentang bagaimana cara merawat mesin sepeda motor yang baru atau pun yang sudah lama terpakai, wajib Brosis baca nih. Pasalnya si kuda besi akan tampil maksimal bila diperhatikan oleh sang empunya.

Baik dari sisi performa, penampilan, sampai kenyamanan berkendara akan didapatkan bila rutin melakukan perawatan sepeda motor Bro.

Nah, kali ini di Edisi Tips n' Trik akan mengupasnya dalam dua kategori untuk perawatan mesin motor baru dan untuk mesin motor yang sudah lama terpakai.

Oke, langsung saja berikut tips-tips merawat sepeda motor dengan benar berdasarkan kondisi motor itu sendiri.

Cara Merawat Mesin Sepeda Motor Baru dan Lama dengan Benar

Kualitas Bahan Bakar Sepeda Motor

Pertama untuk mesin anyar atau baru turun dari dealer, akan lebih baik motor menggunakan bahan bakar dengan kualitas yang baik misalnya pertamax. Hal ini beralasan biasanya motor yang dari pertama kali menggunakan bahan bakar dengan kualitas baik, cenderung lebih kebal dari penyakit.

Kedua kebiasaan yang sering dilakukan pemilik motor baru yaitu tak sabar ingin langsung merasakan kencang dari si kuda besi kesayangannya, langsung geber dan tancap gas semaksimal mungkin membuat motor cepat masuk bengkel Bro.

Itu bisa saja terjadi karena antar komponen mesin motor yang selalu bergesekan masih kaku dan butuh penyesuaian karena kondisinya yang baru. Ada baiknya tetap memacu sepeda motor dengan gas pelan perlahan naik secara bertahap.

Batas Maksimum Jelajah Mesin Motor Baru

Ketiga cara merawat motor ini mungkin sulit diterapkan seseorang yang hobi touring jarak jauh, motor baru ada baiknya jangan buru-buru digeber dan diajak muter-muter terlalu jauh Bro.

Hal ini berkaitan dengan dengan belum mapannya kondisi mesin motor itu sendiri dengan komponen yang masih baru biasanya banyak menghasilkan serpihan logam pada yang diakibatkan gesekan antar komponen, hal tersebut tentu saja akan membuat baret antar komponen.

Perhatikan Gas Motor

Keempat saat mengendarai sepeda motor ada baiknya jangan sering nyaman di gas stagnan dengan kecepatan yang itu-itu aja, misalnya dari berangkat sampai pulang berada dikecepatan 30km/jam, ada baiknya sering mengkreasikan kecepatan sepeda motor akan lebih disarankan untuk dilakukan. Hal tersebut sangat baik untuk mesin motor baru lebih beradaptasi dengan kondisinya.

Panasi Mesin Motor

Keenam cara merawat motor selanjutnya yaitu rutin melakukan ritual pemanasan mesin motor Bro, ben ra loyo mlakune. Mesin motor yang rutin dipanaskan terlebih dahulu tentu rasanya berbeda ketimbang yang langsung pancal dan gas.

Tujuan pemanasan mesin motor adalah untuk melancarkan sirkulasi oli pelumasan ke seluruh komponen mesin, jadi memang sangat disarankan.

Tidak hanya saat mau keluar saja lakukan pemanasan mesin secara berkala walaupun motor hanya majang di rumah Bro, ini untuk menjaga performa motor agar tetap prima.

Maksimalkan Garansi Service Motor Baru

Ketujuh mesin motor baru tentu saja dapat garansi service, nah manfaatkan secara maksimal fasilitas tersebut untuk mesin motor yang optimal.

Garansi yang diberikan biasanya seperti ganti oli (setiap 500 km pertama, 1000 km berikutnya, dan terakhir saat 2000 km)atau pun service ringan sepeda motor, pergunakan kesempatan tersebut menjaga kantong Brosis tetap tebal.

Penggantian Oli Motor

Kedelapan cara merawat mesin motor berikut bisa dibilang sangat penting yaitu mengenai rentang waktu kapan penggantian oli harus dilakukan, dalam hal ini biasanya oli motor diganti setiap 1000 km.

Penggantian oli motor secara rutin membuat mesin lebih terjaga dan ngacir jika diajak ngebut Bro, ora ngeden basa jawane.

Kualitas Oli Motor

Kesembilan sudah rutin mengganti oli mesin harus juga tahu dengan kesenangan mesin terhadap oli yang diberikan, gunakan oli mesin dengan kualitas baik (jangan menggunakan oli literan) dan sesuaikan dengan viskositas atau tingkat kekentalan oli tersebut, jangan terlalu kental (motor terasa berat bila digas) atau pun encer. PIlih dan gunakan oli sesuai kebutuhan motor tersebut.

Bersihkan atau Cuci Motor

Kesepuluh tips perawatan motor berikutnya yaitu dengan cara memandikan si kuda besi secara berkala terlebih saat kondisi berdebu dan sehabis kehujanan.

Baca Juga : Cara Mencuci Motor Sendiri di Rumah Secara Benar

Hal ini sangat penting salam menjaga setiap detil kerangka motor Bro, tidak mau kan motornya cepat karatan. Bersihkan motor menggunakan shampo khusus motor untuk hasil optimal.

Baca Juga : Cara Mencuci Helm Motor Sendiri yang Benar dan Mudah

Perhatikan Tempat Parkir Motor

Kesebelas tips merawat motor ini juga tidak penting-penting amat akan tetapi jika tidak diperhatikan juga dapat mempengaruhi penampilan motor khususnya.

Baca Juga : Cara Merawat Jok Motor Agar Tampil Hitam Mengkilap

Saat parkir motor sebaiknya pilih tempat yang teduh terhindar dari sengat sinar matahari langsung, tidak lain dan tidak bukan untuk menjaga warna cat motor tetap kinclong dan nggak cepat pudar tentunya.

Lakukan Tune-up Motor

Keduabelas motor sama halnya dengan manusia Bro kendati mesin juga ingin dimanja, lakukan perawatan sepeda motor (tune-up) setiap dua bulan sekali. Hal ini sangat direkomendasikan Bro untuk menjaga tetap optimalnya tunggangan kita, kalau pun bisa melakukannya sendiri sangatlah dianjurkan selain performa mesin optimal juga kantong nggak terlalu kempes.

Berdasarkan beberapa tips perawatan mesin motor di atas sangatlah mudah dilakukan, daripada harus menanggung kerusakan mesin yang dari kelalaian kita sendiri. Mungkin itu saja untuk informasi cara merawat mesin motor yang baik dan benar sesuai dengan kondisi mesin tersebut, untuk pertanyaan lebih lanjut bisa menghubungi dealer motor resmi di kota Brosis sekalian.
LihatTutupKomentar