Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Memperbaiki Starter Motor yang Rusak


- Starter motor yang rusak dapat diatasi dengan mudah dengan menggunakan starter kaki atau kick starter. Itu jika motor yang digunakan memiliki kick starter, lalu bagaimana dengan motor yang tidak terdapat kick starternya.?

Selain itu, kick starter juga cukup merepotkan. Jenis kerepotannya beragam dan yang pasti merepotkan. Kembali ke laptop, kerusakan elektrik starter tidak langsung terjadi begitu saja kecuali kabel-kabelnya digigit tikus. Namun sebelum rusak, gejalanya dapat dikenali dari suara starter yang tidak seperti biasanya. Misalnya timbul suara kasar, mesin sukar menyala, dan sebagainya.

Untuk elektrik starter, untuk mengatasi kerusakannya hanya dengan memeriksa terlebih dahulu komponen seperti aki, rangkaian starter, relay starter dan starternya sendiri. Yap, kita mulai dari yang paling ringan dulu.

1. Periksa Aki Sepeda Motor

Aki merupakan sumber utama bagi seluruh komponen kelistrikan motor salah satunya dinamo starter. Nah, jika aki tenaganya kurang atau ngedrop, dapat dikenali dengan suara starter yang dengan berat hati memutar untuk menyalakan mesin. Lebih parahnya lagi starter tidak dapat berputar sama sekali.
Untuk memastikan jika aki ngedrop, dapat dilakukan dengan menggunakan AVO meter untuk melihat tegangan baterai. Tegangan baterai yang ideal adalah 12 volt, jika kurang dari itu lakukan pengisian ulang tegangan baterai.

2. Periksa Rangkaian Kelistrikan Dinamo Starter

Setelah memeriksa aki dan akinya baik-baik saja namun tetap saja starter tidak bekerja, coba dengan memeriksa rangkaian kelistrikan yang terhubung ke starter. Agar pemeriksaan mudah, gunakan AVO meter untuk memeriksa apakah ada arus listrik yang mengalir. Jika arus tidak mengalir, maka harus mencari kabel yang putus lalu menyambungkannya kembali.
Masalah lain bukan hanya dari rangkaian kelistrikan starter, bisa juga disebabkan oleh tombol starter yang tidak presisi/aus dan kotor. Sebelum memeriksa rangkaian kelistrikan starter, coba untuk memeriksa tombol starter terlebih dahulu.

3. Periksa Relay Dinamo Starter

Jika sudah memeriksa rangkaian kelistrikan dinamo starter dan hasilnya baik-baik saja, coba dengan memeriksa relay dinamo starter.
Cara memastikan relay dinamo starter ini rusak adalah dengan mendengarkan suaranya, jika masih bagus terdengar bunyi "cetak", namun jika tidak ada bunyi sama sekali, dapat dipastikan jika relay dinamo starter rusak.

4. Periksa Dinamo Starter Motor

Jika sudah memeriksa relay dinamo starter motor dan hasilnya juga masih bagus. Coba langkah selanjutnya dengan memeriksa dinamo starter motornya.
Dinamo starter sangat jarang mengalami kerusakan, namun bisa jadi memang mengalami kerusakan. Cara memastikan jika dinamo starter rusak dengan meletakkan probe positif AVO meter ke kabel yang menuju starter, dan probe negatif ke ground massa. ON kan kunci kontak dan tekan tombol starter, jika tidak ada arus yang mengalir dapat dipastikan jika dinamo starter mengalami kerusakan.
Kerusakan lain pada dinamo starter juga dapat disebabkan oleh putusnya kumparan dan karbon brush yang aus. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya bawa saja dinamo starter ke tempat servis dinamo starter yang terpercaya.

Yap itu dia tentang cara memperbaiki dinamo starter motor yang rusak. Agar rangkaian dan komponen starter motor awet maka lakukanlah perawatan secara berkala pada sepeda motor agar sepeda motor selalu dalam kondisi prima dan tetap bisa melaju untuk menemani kita dengan selamat hingga ke tujuan. Sekian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mudah Memperbaiki Starter Motor yang Rusak"