Cara Mudah Mengatasi AC Mobil yang Tidak Dingin

- Cara Mengatasi AC Mobil yang Tidak Dingin - Kenapa AC mobil tidak dingin,? apa penyebabnya,? apakah caraku mencintaimu yang salah? atau ada yang lain? lalu jika tidak, mengapa.? Yap. Sekali lagi, no baper. :v


Penyebab AC mobil yang semakin hari semakin hilang rasa dinginnya bahkan sampai mengikuti hawa diluar mobil jika panas hembusan AC panas, jika dingin baru dingin juga. Wah kan parah nih.
Bukan hanya di mobil yang sudah tua saja, yang dikit lagi tua, setengah tua, bahkan baru sekalipun pasti bisa saja mendadak terjangkit virus berbahaya ini, ya, AC tidak dingin.

Faktor Penyebabnya :
  1. Terdapat kerusakan pada komponen sistem AC.
  2. Sistem kelistrikan dan mekanisme AC tidak berkerja dengan baik.
Jika salah satu faktor penyebab AC tidak dingin menginvansi sistem pendingin, maka kerja AC akan menurun. Bayangkan jika 2 faktornya terjadi bersama.

Cara Mengatasi Trouble Pada AC Mobil yang Tidak Dingin

Jika terdapat kerusakan pada komponen sistem AC, tentu langkah awalnya dengan memeriksa komponen AC Mulai dari :
  • Kondensor 
  • Filter Drier 
  • HPS (high pressure switch) 
  • Expansion valve
  • Evaporator
  • Selang dan pipa 
  • Magnetic clucth
  • Motor fan dan relay 
  • Molor blower 
  • wenstand 
  • switch indax atau saklar speed angin 
  • Termostat
  • Amplifier AC
Semua komponen pada AC bekerja secara bersama dan saling terkait, jika salah satu saja mengalami kerusakan maka hasil dari kerja sama mereka semua akan kurang maksimal dan tidak memuaskan. Sedih banget yakan? :v
Yap lebih enak jika diperiksa menggunakan komputer, jadi titik masalahnya bisa langsung ketemu. Kalau tidak ada? periksa satu-satu. :v
Tenang, mobil-mobil sekarang telah menggunakan sistem komputer untuk memudahkan perbaikan.
Selanjutnya, 

Periksa di sistem kelistrikan dan mekanisme AC mobil
Gejala yang dirasakan jika mengalami kerusakan pada sistem kelistrikan dan mekanisme AC, hembusan angin dari AC terasa dingin tapi kecepatan putaran kipas walaupun sudah disetel pada kecepatan tinggi putarannya tidak mengikuti pengaturan dan terdengar suara kipas mendengung. Untuk mengatasinya, lakukan service dan cuci AC. Agar praktis, bawa mobil ke tempat service AC.

Selanjutnya, jika sebaliknya pengaturan sudah benar lalu hembusan angin pada AC tidak dingin atau bahkan kipas mati total coba dengan memeriksa kabel-kabel penghubung, konektor elektrik blower, socket-socket dan jangan lupa sekring AC. Relay kipas AC juga periksa apakah masih berfungsi. Gunakan AVO meter untuk mengetahui ada arus yang mengalir atau tidak pada kabel-kabel penghubung.

Periksa juga komponen sistem AC seperti v-belt. v-belt yang sudah lemah akan mengurangi daya cengkramnya ke pully yang menyebabkan kompresor AC juga lemah dalam menjalankan tugasnya sebagai penyirkulasi refrigerant atau biasa dikenal freon ke kondenser.

Yap itu dia dari fz tentang cara mudah mengatasi AC mobil yang tidak terasa dingin saat digunakan. Jika ragu dan alat yang tersedia di rumah terbatas, bawa saja mobil ke tukang servis AC yang terpercaya dan katakan apa keluhannya.
Nah setelah itu, selalu servis kendaraan secara rutin agar mobil tetap dalam kondisi prima dan selalu siap menemani kita diperjalanan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu