Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Merawat Radiator Mobil Agar Selalu Dalam Kondisi Terbaik

Cara Mudah Merawat Radiator Mobil Agar Selalu Dalam Kondisi Terbaiknya

- Radiator merupakan komponen penting dalam sistem penggerak karena fungsinya untuk mendinginkan komponen untuk mencegah terjadinya kerusakan komponen-komponen mesin akibat panas yang berlebih atau overheat.


Kondisi radiator harus selalu dikontrol agar kinerjanya tetap sesuai standar. Radiator yang sehat juga akan membuat performa mesin tetap maksimal walaupun digunakan untuk perjalanan jauh karena suhu kerja mesin selalu optimal.

Untuk menjaga agar kondisi radiator selalu fit, lakukan  cara merawat radiator mobil seperti berikut.

  • Kebersihan bagian luar radiator
Kisi-kisi radiator sangat mudah bengkok bukan? yaps, jika kisi-kisi ini bengkok otomatis aliran udara yang akan melewati radiator akan kurang. Agar kisi-kisi tidak bengkok, hindari mencuci mobil menggunakan air bertekanan/steam pada bagian depan mobil. Selain itu jaga juga kebersihan kisi-kisi dari berbagai kotoran.
  • Kebersihan bagian dalam radiator
Di dalam radiator terdapat saluran-saluran air, untuk mencegah saluran tersebut tersumbat oleh karat atau kotoran lain, lakukan penggantian air radiator secara berkala. Misal per 10.000-15.000 km. Dan juga selalu periksa jumlah air radiator, jangan sampai kurang dan kelebihan.
  • Periksa kondisi selang, kipas dan tutup radiator
Selang penghubung antara radiator dengan mesin ini lama-kelamaan kekuatannya akan menurun dan akhirnya akan mengalami kebocoran. Jika terdapat sedikit kebocoran pada selang, segera ganti dengan selang yang baru.

Kerusakan pada kipas radiator biasanya pada bilahnya yang patah. Bilah kipas radiator yang patah dapat mengganggu aliran udara yang akan mengalir melewati radiator dan aliran udara yang menuju ke mesin. Jika bilah kipas patah sebaiknya ganti dengan kipas radiator yang baru.

Tutup radiator juga memiliki peranan penting, jika radiator kekurangan air maka katup akan membuka dan air dari reservoir mengalir menuju radiator. Jika tutup radiator rusak, mesin akan cepat panas.

Post a Comment for "Cara Mudah Merawat Radiator Mobil Agar Selalu Dalam Kondisi Terbaik"