Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri Umum Kampas Kopling Mobil Mau Habis

 penting diketahui agar kenyamanan saat berkendara tetap terjaga Ciri-ciri Umum Kampas Kopling Mobil Mau Habis
Kampas Kopling Mobil

Banyak cara mengetahui tanda-tanda kampas kopling mobil mau habis, penting diketahui agar kenyamanan saat berkendara tetap terjaga.

Akibat kampas kopling habis pada mobil sangat lah berpengaruh Bro, terutama dalam hal akselerasi yang rasanya mobil semakin tdak bertenaga (loyo Bro). Hal ini bisa dirasakan saat menghadapi jalanan dengan kontur menanjak. Merepotkan bukan?

Sebelum kampas kopling mobil habis, sebenarnya ada banyak faktor penyebab kampas kopling mobil habis. Salah satunya usia pemakaian kampas kopling mobil yang bisa dibilang sudah berumur (20.000 Km).

Yap, berikut ulasan tentang penyebab dan gejala kampas kopling mobil mulai aus. Tidak ketinggalan juga cara permeriksaan kampas kopling secara benar.

Penyebab-penyebab Kampas Kopling Mobil Cepat Habis atau Aus

Banyak sebab terkait cepat atau tidaknya kampas kopling mobil aus, beberapa diantaranya mungkin sering kali kita lakukan. Faktor kecerobohan dalam memperlakukan kendaraan menjadi hal yang harus lebih diperhatikan lagi.

Berikut beberapa penyebab kampas kopling mobil cepat aus secara umum.

Kopling Gantung

Kopling gantung sering dengar istilah tersebut atau sering melakukannya, adalah tradisi atau kebiasaan orang teledor saat mengemudi. Yap menaruh kaki di atas pedal kopling selama berkendara adalah hal yang tidak dianjurkan.

Tanpa disadari kebiasaan tersebut berdampak pada ketebalan kampas kopling mobil, selama kaki bertumpu pada pedal kopling selama itu pula kopling akan sedikit demi sedikit tergerus karena reaksi penekanan kaki pada pedal.

Ada baiknya lepas pedal kopling dan gunakan saat dibutuhkan saja, selain lebih hebat juga kaki tidak pegal karena teerlalu lama menggantung.

Setengah Kopling

Pada kasus kali ini yang menjadi penyebab kampas kopling mobil cepat tipis adalah terlalu seringnya main setengah kopling secara berlebihan.

Hal ini memang sangat efektif menghabiskan permukaan kampas, terkadang jika terlalu mainstrean mobil akan mengeluarkan bau angus bak karet terbakar.

Gunakan teknik ini hanya saat dibutuhkan saja, jangan berlebihan jika mobil sudah mulai tenang segera lepaskan pedal kopling secara penuh.

Kopling Galak

Sudah pada tahukan bahwa jika mainan jenis ini memang menyenangkan, akan tetapi sarat akan kerusakan komponen mesin. Salah satunya kampas kopling mobil jadi lekas habis.

Menekan pedal kopling dan melepasnya secara konstan membuat mobil serasa menghentak maju secara mendadak, dan karena aktivitas tersebut Bro and Sis kudu nyiapin budget tambahan buat ganti kampas.

Lanjut dengan pembahasan cara mengetahui kampas kopling tipis, dengan beberapa metode yang mudah diketahui. Berikut beberapa langkah-langkah mudahnya.

Tanda-tanda Kampas Kopling Mobil Habis Dilihat dari Beberapa Faktor

Bau Angus

Acap kali mobil mengeluarkan wewangian yang menggugah, bukan dari parfum melainkan dari mesin itu sendiri. Bau angus bak karet terbakar sering merembes ke hidung pengemudi, terlebih saat jalan sedikit menantang.

Sewajarnya mobil akan mengeluarkan bau tersebut hanya satu atau dua kali itu pun keluar karena kesalahan pengemudi. Akan tetapi kalau sering terjadi, patut Bro and Sis curigai, terlebih timbulnya bau hanya karena jalan dengan tanjakan sangat minim.

Akselerasi Loyo

Mengeluarkan bau angus pastinya juga dibarengi dengan tarikan akselerasi lemah, karena hal ini sudah satu paket.

Gas gede mobil cuman bisa meraung, itu aneh! Rasanya mesin tak bertenaga, alhasil saat dihadapkan dengan jalan yang sedikit menantang pengemudi akan berpikir dua kali tuk melibasnya.

Putaran Mesin Tinggi

Meski mobil tampak loyo bukan berarti mesin mobil tak bekerja secara optimal, justru kebalikannya mesin mobil akan berputar tinggi kendati kecepatan yang dihasilkan berbanding terbalik dengan kinerja mesinnya alias "alon-alon bae asal kelakon".

Hal ini lantaran karena akselerasi lemah dan kampas kopling mobil aus, licinnya permukaan kampas disinyalir penyebab mesin berputar tidak semustinya walaupun kecepatan masih dalam keadaan normal.

Selip Kopling

Ciri-ciri lainnya kampas kopling mobil mulai aus adalah seringnya selip terutama pada bagian kopling. Hal ini disebabkan karena kampas yang sudah habis jadi wajar jika Bro and Sis kerap menderita dibuatnya.

Pedal Kopling Tinggi

Nah, tanda-tanda jika kopling mobil mulai habis berikutnya datang dari rasa atau feeling pengendara itu sendiri.

Dalam keadaan normal mobil akan bergerak saat mulai kopling diangkat sewajarnya, akan tetapi jika angkatan pedal kopling terlalu tinggi patut Bro and Sis periksa.

Gejala kampas kopling mobil aus adalah pertanda kecil bahwa mobil juga perlu diperhatikan, adakalanya kita mengetahuinya sebelum kerusakannya merembet ke komponen lainnya.

Baca Juga : Simak Penyebab Pedal Kopling Terasa Keras Saat Diinjak, Obat Mujarab Kaki Pegal

Cara Mengetahui dan Memastikan Kampas Kopling Mobil Sudah Habis atau Belum

Sekedar tambahan berikut tips-tips mudah memastikan bahwa kampas kopling memang harus segera diganti, berikut caranya.
  1. Langkah pertama nyalakan mesin mobil kemudian aktifkan handrem atau rem tangan mobil.
  2. Langkah kedua adalah mengoper tuas transmisi masuk ke gigi satu, sembari melepaskan pedal kopling secara perlahan bersamaan dengan kaki kanan menginjak pedal rem dan gas secara perlahan.
  3. Langkah terakhir yaitu mengamati apakah mesin mobil masih nyala atau mati, kampas kopling mobil masih baik jika mesin tersebut mati dan kampas kopling aus tak kala mesin mobil masih menyala kendati pedal kopling sudah terlepas penuh.
Ada baiknya jika cara ini tidak dipakai berulang kali karena dapat beresiko kampas kopling menipis lebih cepat.
Oke, Bro sekian dulu untuk pembahasan mengenai ciri-ciri kampas kopling mobil akan habis. Semoga dapat membantu, salam...

Post a Comment for "Ciri-ciri Umum Kampas Kopling Mobil Mau Habis"