Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fan Belt Mobil Berisik Atasi Dengan 4 Tips Berikut


- Fan Belt atau V Belt yang fungsinya sebagai penggerak komponen mesin seperti altenator, kompresor air conditioner, pompa oli dan lainnya.

Fan belt sendiri terbuat dari campuran karet dan baja. karena tugas fan belt juga lumayan berat, maka masa pakai fan belt juga relatif singkat. Ditambah dengan kondisi fan belt yang sering terkena benda asing karena fan belt posisinya terbuka.

Dalam kondisi seperti itu, fan belt lama kelamaan kehilangan kestabilan fungsi yang berakhir dengan kurang maksimalnya fan belt memutar pully. Jika fan belt tidak maksimal kerjanya maka akan menghasilkan bunyi-bunyian yang berisik atau berdecit keras atau biasa disebut dengan Belt Dressing. Jika terjadi bunyi berisik pada fan belt, maka coba atasi dengan beberapa tips berikut.

4 Tips atasi Fan Belt yang berisik atau berdecit
  • Oleskan pelumas secukupnya
Pemberian pelumas seperti oli atau grease dapat membuat permukaan antara fan belt dengan pully tidak terlalu kering dan gesekan juga bisa diminimalisir. Namun, dalam pemberian pelumas harus hati-hati, jangan sampai terlalu banyak pelumas karena akan membuat fan belt jadi selip.
  • Semprotkan air sabun 
Air sabun juga bisa digunakan untuk menghilangkan bunyi berisik pada fan belt untuk sementara. Air sabun kurang bertahan lama dan cepat kering. Namun air sabun bisa jadi alternatif saat keadaan darurat.
  • Gunakan cairan yang khusus dibuat untuk fan belt
Cairan ini bisa didapatkan di toko aksesoris mobil atau lainnya. Cairan ini biasanya berbentuk aerosol dengan penggunaan spray. Dalam proses penyemprotan cairan jangan terlalu basah, jika terlalu basah maka fan belt akan selip dan cipratan cairan dapat mengotori ruang mesin.

Secara umum tips ini bisa juga dilakukan pada sepeda motor matic. Namun sebelumnya, periksa terlebih dahulu komponen pada CVTnya. Masalah bebunyian pada sepeda motor matic paling sering terjadi pada komponen slider pada CVT sudah longgar atau rusak yang perbaikannya harus diganti. Namun sementara bisa diatasi dengan mengganjal slider dengan karet gelang.

Dari semua tips tersebut, perhatikan dulu bagaimana kondisi fan belt. Kondisi fan belt yang rusak juga menjadi pemicu timbulnya bunyi berisik dan akan kembali lagi jika sudah dilakukan beberapa pertolongan pertama.

Jadi sebaiknya selalu kontrol kondisi komponen kendaraan secara berkala. Jika komponen sudah tidak normal sebaiknya diganti untuk mencegah kerusakan pada komponen yang lain.

Post a Comment for "Fan Belt Mobil Berisik Atasi Dengan 4 Tips Berikut"