Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi dan Cara Kerja Pegas Aksial dan Pegas Radial Pada Sistem Kopling Mobil

On > Fungsi dan Cara Kerja Pegas Aksial dan Pegas Radial Pada Sistem Kopling Mobil


- Secara konstruksi antara pegas aksial dan pegas radial ini cukup berbeda. Selain bentuk, penempatan pegas ini pun juga berbeda. Pegas aksial terletak di antara plat kopling dan kampas kopling dengan penempatan diseluruh bagian plat dan mempunyai dua bentuk dari W dan E. Sedangkan pegas radial terletak di tengah plat kopling dan berjumlah 4 sampai 6 buah.



Fungsi dan Cara Kerja Pegas Aksial dan Pegas Radial

Fungsi dan cara kerja pegas aksial dan pegas radial bisa dikatakan sama saja. Karena pegas tersebut berfungsi untuk meredam getaran atau kejutan atau sebagai penerima gaya sebelum kopling bersentuhan dengan flywheel. Cara kerjanya ialah saat kopling terhubung dengan flywheel, pegas meredam getaran atau kejutan tersebut sehingga menghasilkan perpindahan tenaga yang halus dan semua komponen dapat bekerja dengan maksimal.

Agar pegas dan komponen kopling lainnya dapat selalu bekerja dengan baik, jaga selalu cara mengemudi dengan tidak melepas tuas kopling secara kejut. Jika sistem kopling bekerja dengan baik, tentu pengemudi dan penumpang akan merasa nyaman saat berkendara. Jadi, rawatlah kendaraan secara rutin dan ganti komponen jika dirasa tarikan mesin mulai menurun. Sekian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Fungsi dan Cara Kerja Pegas Aksial dan Pegas Radial Pada Sistem Kopling Mobil"