Fungsi dan Cara Mengganti Roller Motor Matic


- Fungsi dari Roller pada sepeda motor transmisi otomatis/ atau biasa disebut matic adalah untuk memberi tekanan keluar pada variator hingga variator dapat membuka dan membuat perubahan pada lingkar diameter variator lebih besar terhadap v-belt sehingga motor dapat bergerak.

Roller ini sangat berpengaruh pada kenyaman saat berkendara. Karena jika roller sudah mulai aus, akselerasi motor akan berkurang. Roller biasanya diganti bersamaan dengan v-beltnya dan disarankan rutin ganti setiap menempuh jarak 10.000 km agar motor selalu mantap tarikannya.

Perawatan roller agar masa pakainya lebih awet adalah dengan rutin membersihkannya dengan alat-alat seperti kuas dan cairan seperti bensin untuk membersihkan roller dari debu dan berikan grease bila perlu. Dan jika ingin mengganti roller berikut simak ulasannya.

Cara Mengganti Roller Sepeda Motor Matic

Siapkan alat-alatnya seperti kunci T 10mm, kunci T 8mm dan kunci 17 mm.

1. Buka rumahan CVT

2. Buka baut pengunci rumahan roller
Buka baut pengunci dengan kunci 17 mm dan ganjal dudukan puli agar tidak berputar saat baut pengunci diputar dengan cara menggunakan baut 12 dengan panjang sekitar 6,5 yang diletakkan menghadap crank case ke arah atas.

3. Tarik ring pengganjal bushing
Lalu tarik ring pengganjal bushing. Namun sebelumnya, ingat terlebih dahulu bagaimana posisi asalnya begitu kipas puli dikeluarkan.

4. Lihat kondisi roller
Coba lihat bagaimana kondisi roller, jika roller terlihat masih dapat digunakan hingga beberapa bulan lagi sambil nunggu istri muda, tanggal muda maksudnya. Namun jika kondisi roller sudah sangat aus, retak dan sebagainya maka roller harus diganti.

5. Pasang roller
Setelah roller yang lama sudah dilepas, kini langkah selanjutnya dengan memasang kembali roller.

6. Pasang kembali rumahan roller
Pasang kembali dudukan roller kembali ke posisi awalnya

7. Pasang ring pengganjal rumahan roller
Setelah memasang dudukan roller, pasang ring pengganjalnya, dan perhatikan apakah gigi-gigi ring mengunci gigi as dudukan roller dengan benar.

8. Kencangkan baut pengunci rumahan roller
Kencangkan kembali semua baut-baut termasuk baut pengunci rumahan roller, ganjal lagi dengan baut 12 mm tadi agar tidak ikut berputar.

Sekian dari fz Fungsi dan Cara Mengganti Roller Motor Matic, semoga bermanfaat. Oh iya satu lagi.. Punya Photo Vixion?
Yuk Ramein, Follow Dan Upload Photo Vixion Anda di Instagram Vixion Pict Collector
Dengan Tag atau Mention ke @vpcid dan Langsung VPC Reupload.. Langsung Follow ya sob..

A post shared by Vixion Pict Collector (@vpcid) on

Post a Comment

0 Comments

Close Menu