Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Distributor/Delco Mobil dan Komponennya

Fungsi Distributor/Delco Mobil, yaitu :

Mengarahkan tegangan tinggi dari koil ke masing2 busi atau mendistribusikan tegangan tinggi ke masing-masing busi, cara kerja Distributor Mobil yaitu menghubungkan dan memutuskan arus pada rangkaian primer dan menghasilkan tegangan tinggi. Menjadikan tepat waktu pembangkitan tegangan tinggi sesuai dengan putaran mesin ( bagian mekanis centrifugal advancer dan vacum advancer ). Meneruskan arus bertegangan tinggi pada busi sesuai dengan dengan urutan pengapian.

                         

Fungsi dari komponen-komponen distributor mobil :


  • 1. Tutup Distributor

Tutup Distributor fungsinya untuk menempatkan komponen terminal bertegangan tinggi dengan jumlah terminal sama dengan jumlah piston mobil

  • 2. Distributor Rotor

Distributor Rotor Berfungsi sebagai penerus tegangan tinggi dari terminal ignition coil ke terminal busi pada tutup distributor

  • 3. Breaker Point

Breaker Point Berfungsi untuk menghubung dan memutuskan arus listrik dari kumparan primer ke ground massa agar terjadi induksi pada kumparan-kumparannya. Induksi terjadi pada saat breaker point diputus atau dibuka.

  • 4. Cam Lobe

Cam Lobe Berfungsi untuk mengungkit breaker point agar memutus dan menghubungkan arus listrik pada kumparan primer

  • 5. Condenser

Condenser Untuk mencegah loncatan bunga api listrik pada breaker point. Kemampuan dari condenser dapat dilihat dari seberapa besar kapasitasnya. Kapasitas condenser diukur dalam mikro farad.

  • 6. Governor Advancer

Governor Advancer Berfungsi memajukan pengapian sesuai dengan besarnya putaran mesin

  • 7. Vacuum Advancer
Vacuum Advancer Berfungsi Memajukan saat pengapian sesuai dengan pembukaan throttle valve

  • 8. Breaker Plate
Breaker Plate Berfungsi untuk menempatkan breaker point. Breaker plate ini dapat bergerak memutar, oleh sebab itu akan menyebabkan hubungan ke massanya tidak normal, untuk itu ditambahkan kabel massa dari vacuum advancer ke breaker plate.

Sekian dari fz tentang fungsi  Distributor/Delco Mobil dan Komponennya.. Semoga bermanfaat.. Oh iya satu lagi.. Punya Photo Vixion?
Yuk Ramein, Follow Dan Upload Photo Vixion Anda di Instagram Vixion Pict Collector
Dengan Tag atau Mention ke @vpcid dan Langsung VPC Reupload.. Langsung Follow ya sob..

A post shared by Vixion Pict Collector (@vpcid) on

Post a Comment for "Fungsi Distributor/Delco Mobil dan Komponennya"