Ini 4 Penyebab Power Window Macet


FZ Motovlog - Power window atau kaca mobil yang macet memang gak enak dilihat. Apalagi saat cuaca lagi panas jadi pengap pas hujan air masuk semua hihihi..

Permasalahan kaca mobil macet ini biasa terjadi di mobil lama dan tidak menutup kemungkinan mobil baru juga bisa terjangkit. Apalagi jika mobil baru dipasangkan aksesoris power window yang kualitasnya mega KW (gak papa, daripada mega korupsi wkwkwk) bisa-bisa penggunaan hanya bertahan beberapa bulan kemudian kaca mobil mulai seret bahkan macet.

Lalu apa saja komponen yang jadi penyebab macetnya power window? berikut liputannya..

Kontak saklar power window kotor

Yap, kontak saklar power window yang kotor bisa jadi salah satu penyebab kaca mobil jadi seret atau macet. Kotoran seperti debu memang sulit dihindari, lama-kelamaan menumpuk dan menghalangi arus listrik yang mengalir. Dikondisi seperti itu kaca jadi susah naiknya, terasa berat/seret.

Karet list kaca yang sudah mulai mengeras

Seiring usia dan pemakaian, lama kelamaan karet list tidak lentur dan akhirnya mengeras. Karet yang mengeras permukaannya tidak licin lagi sehingga pergerakan kaca naik turun jadi terhambat.

Kabel seling rusak

Kabel seling termasuk komponen penting, kabel seling yang rusak seperti berkarat juga menyebabkan pergerakan kaca mobil berat. Apalagi jika sampai putus, kaca jadi gak gerak sama sekali.

Motor power window yang lemah

Motor power harusnya bekerja powerfull, jika pergerakan motor power lemah, semua komponen pergerakannya pun ikut lemah.

Lemahnya motor power biasa disebabkan karena drop voltage atau tegangan yang menurun pada motor power. masalah ini bisa diatasi dengan memasang relay dengan tipe NO/NC atau relay dengan 5 kaki. Pemasangan relay juga membuat saklar lebih awet karena tidak dialiri arus yang besar, dan pastinya membuat putaran motor power lebih cepat karena mengambil arus listrik langsung dari kabel jalur utama.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu