Lampu Motor Sering Putus? Ini Penyebabnya

Source : Google Image
FZ Motovlog - Lampu utama merupakan hal yang harus selalu ada pada setiap kendaraan. Karena fungsinya yang membantu pengendara melihat jalan pada keadaan gelap. Lalu apa jadinya jika lampu utama mengalami putus disaat sedang berkendara pada malam hari? beruntung jika menggunakan kendaraan dengan model double headlamp, jika single headlamp?

Bohlam putus karena masa pakai yang sudah terlalu lama merupakan hal yang wajar. Namun, jika baru saja mengganti, tidak lama bohlam kembali putus, berarti ada yang tidak beres. Lalu apa saja yang menyebabkan putusnya bohlam? berikut ulasannya.

1. Kiprok Rusak

Rectifier regulator atau biasa disebut kiprok fungsinya untuk mengatur aliran listrik. Jika kiprok rusak, aliran listrik menuju bohlam menjadi berlebihan. Akibatnya, bohlam akan sering putus. Selain itu, kiprok yang rusak juga bisa membuat aki motor rusak akibat overcharge. Solusinya segera ganti kiprok dengan yang baru.

2. Spul penerangan tidak bekerja normal

Kerusakan umum yang terjadi pada spul adalah spul terbakar, kawat lilitannya putus, atau spul tersebut sudah lemah. Jika sudah mengalami hal tersebut tentu aliran listrik menuju kiprok dan bohlam tidak sesuai standar yang berakibat bohlam menjadi putus. Hal ini bisa diatasi dengan menggulung ulang spul atau menggantinya dengan yang baru.

3. Dudukan bohlam yang kendor

Dudukan bohlam yang kendor juga salah satu penyebab putusnya bohlam karena ada getaran yang berlebihan yang dialami bohlam ketika kendaraan sedang bergerak.

4. Kualitas bohlam

Kualitas lampu juga berpengaruh dalam hal ini. Penggunaan bohlam dengan kualitas rendah selain tingkat penerangannya yang kurang, ketahanan bohlam tersebut juga kurang. Gunakan bohlam yang disarankan seperti bohlam standar.

Selain itu, pabrikan motor sekarang telah mengaplikasikan sistem AHO (Automatic Headlamp On) pada produknya. Sistem ini memang bagus, tapi ada kelemahan dimana bohlam terus menyala baik siang maupun malam. Tentu masa pakai bohlam tidak lama dan aki lebih boros.

Selalu perhatikan kondisi kendaraan sebelum digunakan, patuhi rambu lalu lintas, dan keep safety riding.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu