Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mudahnya Cara Mengecek Pulser Motor Rusak (Mati)

di mana memang ada kesamaan terkait gejala dan akibat yang ditimbulkannya Mudahnya Cara Mengecek Pulser Motor Rusak (Mati)
Pulser Motor Mati

Cara mengecek pulser pada motor rusak bisa dibilang mirip cara cek CDI motor mati, di mana memang ada kesamaan terkait gejala dan akibat yang ditimbulkannya.

Ciri-ciri pulser motor lemah salah satunya mesin motor sulit diajak berakselerasi, motor sering brebet. Kendati demikian ada tanda-tanda khusus pulser motor rusak, yaitu saat mesin motor berada di putaran bawah atau pun atas kondisi motor cenderung sama brebetnya.

Kerusakan pulser motor dalam tahap peringatan atau belum terlalu parah masih bisa diselamatkan dengan cara diperbaiki, akan tetapi jika sudah parah dan cenderung mati lebih baik diganti dengan yang baru.

Nah, berikut cara mudah mengetes pulser motor apakah masih hidup atau pun sudah mati.

Tips Cara Cek Pulser Sepeda Motor Rusak atau Mati


Pertama siapkan alat-alatnya seperti Avometer yang berfungsi untuk mengecek arus suatu komponen.

Kedua setel Avometer dengan cara memutar selector pada pilihan ohm meter skala x10 bisa juga x100.

Ketiga tempelkan dan tarik besi secara berkali-kali tepat di ujung pulser motor, setelahnya akan terjadi reaksi seperti daya tarik magnet.

Keempat amati apakah ada pergerakan jarum Avometer, jika masih bereaksi berarti pulser masih dalam kondisi baik atau tidak terlalu parah jika jarum diam berarti pulser motor mati.

Gambarannya pulser motor adalah komponen yang berupa kumparan kawat tembaga, bila kawat tersebut ada yang putus otomatis mesin motor akan mati karena CDI tidak arus tidak sampai ke CDI motor.

Sistem pengapian mesin sepeda motor hanya terletak di sekitaran itu saja, seperti CDI, pulser, atau pun busi dll, yang berarti jika rusak maka komponen tersebutlah yang harus diperiksa.

Baca Juga : Ini Lho, Penyebab Motor Mogok dan Cara Mengatasinya dan Cara Mengerem Sepeda Motor yang Baik dan benar

Oke Brosis mudah-mudah ulasan mengenai cara mengecek pulser motor rusak atau mati dapat meringankan reparasi si kuda besi, selanjutnya nantikan ulasan edisi Tips n' Trik Motor hanya di Beritabelita.

Post a Comment for "Mudahnya Cara Mengecek Pulser Motor Rusak (Mati)"