Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Oli Mesin jadi Warna Hijau? Gak Mesti Fuel Dilution


- Pasti aneh bahkan terkejut rasanya saat menguras oli mesin oli tersebut berwarna hijau atau sesuai dengan warna bahan bakar (lain cerita jika warna olinya hijau dari pabrik ya :v) padahal oli yang sebelumnya dituang ke mesin berwarna kuning keemasan.

Banyak yang bilang itu kena penyakit FD atau Fuel Dilution dimana oli tercampur dengan bahan bakar yang masuk ke ruang oli atau crankcase. Penyebab FD juga beragam karena ring piston lemah, pembakaran gak sempurna, modifikasi komponen ECU, CDI, Kendaraan langsung jalan tanpa dipanaskan terlebih dulu, filter udara rusak, silinder blok baret, celah klep terlalu renggang, dan lain-lain. Namun jangan panik dulu.

Lalu dari sisi mana mengetahui jika mesin kita terkena efek dari FD? mudah, yang pasti oli jadi berubah warna dan aroma bahan bakar juga terasa pada oli. Tapi peristiwa tersebut tidak selalu menjadi patokan mesin terkena FD. Oli memang berubah warna tapi tidak ada aroma bahan bakar sedikit pun. Jadi gimana?

Menghijaunya oli mesin bisa disebabkan penggunaan bahan bakar seperti pertamax, pertalite dan lainnya. Warna dari bahan bakar tersebut cukup "kencang" hingga pada saat masuk keruang bakar dan terbakar, zat warna dari bahan bakar tersebut tertinggal di ruang bakar dan terus terjadi saat pembakaran hingga singkat cerita zat warna tadi tercampur dengan oli. Namun tidak semua kendaraan terkena hal ini. (itu analisa fz,:v)

Namun jika pada oli terdapat aroma bahan bakar, sudah pasti ini terkena penyakit FD dan solusinya hanya bisa dengan mengganti part-part yang rusak. Jika hal ini terjadi, masa pakai oli jadi singkat dan daya pelumasannya cepat berkurang dan akhirnya mengalami EOL atau End Of Life.

Kesimpulannya, kendaraan yang oli mesinnya berubah warna mengikuti warna bahan bakar gak mesti FD, dicek saja aromanya. Oh iya satu lagi.. Punya Photo Vixion?
Yuk Ramein, Follow Dan Upload Photo Vixion Anda di Instagram Vixion Pict Collector
Dengan Tag atau Mention ke @vpcid dan Langsung VPC Reupload.. Langsung Follow ya sob..

A post shared by Vixion Pict Collector (@vpcid) on

Post a Comment for "Oli Mesin jadi Warna Hijau? Gak Mesti Fuel Dilution"