-->

Penyebab Air Radiator atau Coolant Masuk Ke Ruang Bakar Dan Mesin



- Yaps. Di siang hari yang panas ini terasa dingin jika malam. Namun dimalam-malam panjang, setiap tidurku, selalu kesepian tanpa kehadiran mu sayang, hei om heii, jangan baper. :v

Yupss, air radiator atau radiator coolant, berfungsi sebagai pendingin dan membawa panas keluar dari mesin yang akan didinginkan oleh radiator. Nah, apa jadinya jika air radiator masuk ke ruang bakar? mungkin air radiatornya terlalalu rajin ya? haha. Yaudah langsung saja fz deretkan tersangka penyebab air raditor masuk ke ruang bakar sebagai berikut.

Penyebab Air Radiator/Coolant Masuk Ke Ruang Bakar, yaitu :


Gasket mengalami kerusakan

Yups, rusak. Antara besi dengan besi supaya maksimal tingkat kerapatannya harus diberi gasket. Nah kalau gasket rusak maka terjadilah kebocrotan, eh kebocoran wkwk. 
Kerusakan pada gasket bisa disebabkan karena faktor usia gasket, pemasangan yang kurang pas, overheat dan sebagainya.
Tapi biasanya, kerusakan gasket bersamaan dengan mesin yang mengalami overheat. Kenapa,? karena saat mengalami overheat, gasket akan terbakar. Nah disaat itulah air radiator memanfaatkan kesempatan emas untuk masuk keruang bakar.

Nah kalau air radiator masuk ke ruang bakar tapi tidak karena akibat overheat,? sudah pasti ada kesalahan pemasangan pada gasket. Mungkin saja sehabis mengganti part mesin, begitu memasang gasket mungkin miring, gasket cacat, bengkok, sobek dan sebagainya. Kalau motor masih baru berarti ada kesalahan dari pabrik, mudah saja, tinggal klaim.

Trus apalagi ya, oh iya, ciri kalau air radiator masuk ke ruang bakar ialah dengan basahnya kepala busi, knalpot berasap dan sebagainya. Nah kalau sudah begitu segera periksa oli mesin, karena takutnya, air radiator menginfeksi ruang mesin atau crankcase. Jika sudah, oli akan berwarna putih susu. Jika sudah seperti ini langsung tangani kendaraan agar kerusakan tidak merembet kesegala komponen mesin.

Yaps itu saja dari fz tentang penyebab masuknya air radiator ke mesin kendaraan. Lakukan selalu pemeriksaan kendaraan sebelum digunakan untuk mencegah kerusakan dan kecelakaan saat kendaraan sedang digunakan. Oke, semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar