Penyebab Dan Cara Mengatasi Gardan Mobil yang Rusak

Kenali Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasi Gardan Mobil yang Rusak


- Yap gardan, komponen yang luar biasa ini biasa dikenal dengan nama differential atau pembeda. Pembeda tersebut dapat membedakan antara mantan dengan pasangan saat ini (sungguh tak nyambung wkwk :v9 ).

Kalau di mobil kecil gardan jarang rusak karena jarang bekerja keras. Beda dengan gardan pada truk-truk angkutan yang sampai "ceper" bawa bebannya. Tapi tidak menutup kemungkinan juga gardan pada mobil kecil dapat mengalami kerusakan. Nah, sebelum rusak, tentu ada gejala terlebih dulu pada gardan. Apa saja?

Gejala dan Kerusakan Pada Gardan Mobil

1. Terdengar Suara Berisik Pada Gardan
Termasuk suara berdengung saat mobil melaju. Penyebab adanya suara berisik pada gardan ini bisa disebabkan oleh ausnya gear-gear di dalam gardan akibat usia gardan yang terbilang cukup lama. Selain itu, timbulnya suara berisiki di gardan disebabkan oleh jarak bebas antara gear yang terlalu besar ataupun kecil. Jadi, sebelum membongkar gardan, coba untuk memeriksa setelan jarak bebas gear gardan.

2. Gardan Terasa Bergetar
Getaran ini juga dapat disebabkan oleh dua hal, pertama karena gear-gear pada gardan "rompal" karena terkena benturan, gaya melepas kopling yang disentak-sentak/kasar, membawa beban berat, faktor usia, dan lainnya. Kedua, karena bearing pada gardan sudah aus atau rusak, penyebab rusaknya bearing juga sama seperti rompalnya gear gardan.

3. Oli Gardan Bocor
Oli gardan bocor, komponen pertama yang harus diperiksa ialah baut tap oli gardan yang mungkin kurang kencang atau bahkan dol. Oleh karena itu, saat memasang baut tap ataupun baut pengisian oli harus benar-benar pas jangan miring.

Selain baut, packing gardan yang pemasangannya kurang bagus dapat menjadi penyebab bocornya oli gardan. Sebelum menyatukan gardan,periksa kembali apakah paking sudah sempurna atau belum. Kemudian bocornya oli juga bisa disebabkan seal-seal oli pada gardan telah robek dan rusak.

Cara Mengatasi Kerusakan Pada Komponen Gardan

1. Ganti dengan part yang baru dan berkualitas
Jika komponen seperti gear, bearing, packing, baut dan seal telah mengalami kerusakan, part tersebut sangat tidak mungkin untuk diperbaiki lagi. Jalan satu-satunya ialah dengan mengganti part gardan dengan part yang berkualitas.

2. Setel jarak bebas gear gardan
Untuk penyetelan jarak bebas, jika belum memahami seluk beluk, setelan ideal, dan lainnya tentang gardan, hal terbaiknya bawa mobil ke bengkel servis gardan yang terpercaya agar mobil kembali sehat dan dapat melaju lagi dengan drivernya.

Yap itu dia dari fz tentang gejala, penyebab dan cara mengatasi kerusakan pada gardan mobil. Selalu rawat mobil secara rutin dan ganti partnya secara berkala agar mobil selalu dalam kondisi prima dan selalu siap setiap saat menemani ke manapun tujuannya. Oke, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu