Penyebab dan Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan

- Penyebab dan Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan - Penyebab kaca mobil berembun saat menerjang hujan ialah karena suhu di luar mobil lebih dingin dari dalam mobil. Kenapa,? karena di dalam mobil ada manusia dengan suhu 36,5 - 37,5 derajat celcius. Jika ada 5 orang otomatis suhu di dalam mobil akan menghangat.


Cara mengatasi kaca mobil yang berembun saat hujan juga mudah, cukup dengan menyalakan AC mobil sampai embun di kaca hilang. Namun jika AC mobil sudah hidup lalu embun tidak hilang juga, berarti ada masalah pada AC mobil. Baca juga : Cara Mudah Mengatasi AC Mobil yang Tidak Dingin untuk mengatasi AC mobil yang tidak dingin jika sudah sampai ditujuan.

Cara darurat untuk menghilangkan embun di kaca mobil karena AC tidak mempan ialah sebagai berikut :
  • Lap Kaca Dengan Kanebo/Koran/Boneka
Untuk mengelap kaca yang berembun tidak bisa dilakukan hanya dengan mengusapnya dengan tangan atau benda lain karena hanya akan membuat kaca semakin buram dan menggangu pengelihatan. Jika di dalam mobil ada kertas koran atau boneka yang biasa diletakkan di dashboard coba gunakan untuk mengelap kaca yang berembun.
  • Gunakan Cairan Anti Kabut Pada Kaca Mobil
Cairan anti kabut atau defogger sesuai namanya membuat embun sukar menempel pada kaca mobil bagian dalam. Defogger ini juga banyak dijual di toko-toko variasi, sparepart, dan online shop. Cara penggunaan defogger juga cukup mudah, hanya dengan menyemprotkan defogger ke kaca depan mobil bagian dalam, tunggu kering lalu lap kaca mobil.
  • Gunakan Shampoo Rambut
Seperti yang dilansir dari mekanikmitsubishi.com, Selasa (29/08/2017) pada shampoo rambut terdapat zat kimia yang dapat digunakan untuk mengeriangkan embun pada kaca mobil. Cara penggunaannya dengan menuang secukupnya shampoo rambut pada kanebo lalu lap ke kaca mobil hingga embun menghilang.
Cara ini cukup repot, namun jika kebetulan tadi membeli shampoo, bisa digunakan. :v




Yap sekian dari fz tentang penyebab dan cara mengatasi kaca mobil berembun saat menerjang hujan, perhatikan selalu kondisi AC agar tetap bekerja maksimal digunakan saat panas maupun hujan. Oke, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu