Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Setir Mobil Berat Saat Belok

 ada baiknya jika kita mengulasnya dari apa penyebab setir mobil sampai terasa berat sebel Penyebab dan Cara Mengatasi Setir Mobil Berat Saat Belok
Setir Mobil

Bicara soal cara mengatasi setir mobil berat saat belok ke kanan atau pun ke kiri, ada baiknya jika kita mengulasnya dari apa penyebab setir mobil sampai terasa berat sebelah?

Banyak faktor penyebab setir mobil susah saat digerakkan, mulai dari yang sepele sampai yang perlu perhatian khusus. Nah, berikut beberapa diantaranya :

Penyebab dan Cara Mengatasi Setir Mobil Berat Saat Belok

1. Tekanan Ban Mobil Berkurang

Secara kondisi jika tekanan ban berkurang baik untuk motor atau pun mobil juga akan berpengaruh, seperti saat ban motor kempes pastinya juga akan terasa berat dalam artian motor sulit diajak berakselerasi.

Nah, kasus di atas sama halnya saat ban mobil kempes terlebih terjadi pada ban depan. Kalau satu sih mending ini dua-duanya kempes, duh bakalan olahraga memutar kemudi mobil.

Saat ban mobil kempes ban tidak mampu menahan berat kendaraan sepenuhnya, karena minimnya tekanan angin yang ada. Alhasil sentuhan permukaan ban dengan jalan pun tak rata yang mengakibatkan setir terasa berat saat belok.

Cara Mengatasi Setir Mobil Berat Sebelah
Pompa ban sampai memenuhi standar yang dianjurkan, biasanya terdapat pada masing-masing ban. Kondisi ban yang baik akan bertahan sampai beberapa minggu ke depan atau lama kempesnya, jika ingin lebih maksimal isi tekanan dengan angin ban nitrogen bukan angin biasa.

2. Ban Mobil Aus

Penyebab setir mobil sulit digerakan berikutnya tak jauh dari yang di atas, bedanya walaupun ban sudah diisi angin yang mantap tetap sama saja tidak ada perubahan.

Brosis bisa amati apakah ban mobil sudah mulai aus, keausan ban sendiri terbagi dalam beberapa kasus.
  • Pertama ban aus di bagian dalam kendaraan (penyebab setir berat sebelah ke kanan atau ke kiri)
  • Kedua ban aus di bagian luar kendaraan (penyebab setir berat sebelah ke kanan atau ke kiri)
  • Ketiga ban aus secara merata (jarang terjadi).
Cara Mengatasi Setir Mobil Berat Sebelah
Jika benar adanya segera lakukan penggantian ban dengan catatan jika sudah terlalu parah ausnya, biasanya juga lewat ban aus sebelah juga bisa diamati bahwa mobil dalam masalah.

Baca Juga : Tips Cara Memilih Ban Mobil Kualitas Terbaik

Ban mobil yang sudah habis masa pemakaian atau aus, tentu saja juga sangat berbahaya terlebih untuk bagian roda depan kendaraan yang langsung mengarah ke kemudi depan. Maka dari itu lakukan penggantian sebelum hal buruk terjadi.

3. Sistem Power Steering Mobil Bermasalah

Penyebab stir mobil terasa berat sebelah berikutnya datang dari sistem kemudi itu sendiri. Power steering mobil sendiri tersusun dari beberapa komponen pendukung, sperti : pompa power steering, steering rack, selang bocor, serta motor power steering.

Cara Mengatasi Setir Mobil Berat Sebelah
Cek salah satu komponen tersebut apakah ada kerusakan atau tidak, misal : kerusakan terjadi pada pompa power steering yang lemah, yoke steering macet atau steering rack macet,. Lebih jelasnya Brosis bisa bawakan ke bengkel resmi terdekat.

4. Roda Mobil Tidak Selaras atau Sejajar

Lingkar kemudi yang terasa berat juga bisa ditimbulkan oleh masalah yang satu ini, karena jika dibiarkan saja roda cenderung akan saling tarik menarik ke salah satu sisi.

Cara Mengatasi Setir Mobil Berat Sebelah
hal tersebut lantaran kaki-kaki mobil yang kurang presisi, silahkan cek keadaan mobil misalnya : spooring atau balanching agar kaki-kaki mobil bisa kembali selaras adanya.

Sekilas dari beberapa penyebab setir mobil terasa berat saat belok, banyak yang berasal dari sistem kemudi ke bawah yang meyasar langsung ke arah ban depan kendaraan. Mungkin itu saja Brosis edisi Tips n' Trik kali ini, selamat mencoba.

Post a Comment for "Penyebab dan Cara Mengatasi Setir Mobil Berat Saat Belok"