Penyebab Kipas Radiator Jupiter MX Sering Menyala

Penyebab Kipas Radiator Jupiter MX Sering Menyala


- Di grup-grup otomotif facebook misalnya, banyak yang menanyakan kenapa ini kipas radiator saya cepat nyala, kipas radiator ane kok cepat nyala ya gan?, normal gak bro jalan belum jauh-jauh amat ni kipas radiator udah nyala aja?, dan sebagainya.

Gejala ini sebenarnya gak kenal sama motor tua, yang paling baru bahkan pada semua kendaraan yang menggunakan radiator. Kipas radiator nyala berarti mesinnya kepanasan tapi pendinginan kurang. Tapi kalau panasnya terlalu cepat kan aneh yak.

Sebenarnya masalah ini ada dua, satu kipas cepat nyala, satunya lagi gak nyala-nyala sama sekali hahaha (maaf ketawa :v).

Kipas yang cepat menyala dari biasanya selalu thermostat rusak yang jadi kambing hitam, padahal, belum tentu kambingnya warna hitam, bisa saja warna coklat atau putih. Walaupun bisa jadi memang kambingnya warna hitam dan thermostatnya juga rusak (awokeawekowkaow :v).


(On the spot style) Dan berikut, beberapa penyebab kipas radiator sering menyala yang sudah fz rangkum dalam 6 hal, apa saja? saksikan selengkapnya..

nb : gambarnya punya vixion, secara sistem radiator sama saja, apalagi yang mx king :v
  • Penggunaan cover radiator yang terlalu rapat

Yaps, penggunaan cover radiator perlu untuk melindungi kisi-kisi radiator yang gampang banget bengkok kalau kena benda asing, macam batu misalnya. Jika kisi-kisi radiator bengkok maka aliran udara jadi terganggu.

Ya tapi jangan dilupain juga kalau cover yang ditugaskan pemilik buat ngejagain si kisi-kisi imut ini jangan terlalu milub (minim lubang :v). Jadi sama aja kayak kisi-kisinya bengkok, anginnya susah lewat, malah lebih parah.

Efek negatifnya banyak kalau cover terlalu milub, salah satunya kipas radiator cepat nyala karena mesin kepanasan. Efek lainnya? kipas radiator meleleh, kisi-kisi radiator bisa gosong dan mesin cepat
panas.

  • Pengaruh suhu di lingkungan sekitar

Kalau ini pasti semua rider ngerasain perbedaan riding saat cuaca panas gimana, cuaca dingin atau pas lagi hujan atau malam rasa motornya gimana. Walau gak semua, kalau cuaca lagi panas terasa mesin kayak kasar gitu. 

Sebaliknya pas lagi kena cuaca dingin mesin terasa lembut dan tarikannya juga enak. Trus kipas radiatornya? pasti bakal terpengaruh gimana suhu mesinnya.

  • Socket thermostat kendor/lepas atau thermostat rusak


Kalau socket ini lepas atau kendor sih kayaknya jarang aja ya, tapi siapa tau mungkin ada yang usil kan? eh takutnya kabelnya putus :v

Yaps.. jika socket lepas, begitu mesin menyala kipas radiator juga langsung nyala, wah ngeri kan? belum apa-apa udah nyala :v


Lanjut, thermostat jika rusak, mesin akan cepat mencapai suhu kerja, jika sudah sampai suhu kerja, maka air harus bersirkulasi ke radiator. Namun apa daya bubur telah menjadi nasi, thermostatnya macet :v. Akibatnya? mesin cepat panas kipas radiator juga cepat nyala walaupun baru jalan beberapa ratus meter.

  • Penggunaan oli mesin yang kurang tepat


Kurang tepat maksudnya kekentalannya yang tidak sesuai spesifikasi mesin, misal biasanya mesin minumannya 10w-40 di kasih yang lebih kental dari itu. Efeknya kinerja mesin jadi berat auto mesin cepat panas kipas juga ikutan nyala.

Pada oli yang sesuai standar, oli juga berperan sebagai pendingin mesin. Nah kalau makai yang lebih encer, ditakutkan ketahanan oli kurang terhadap panas. Efeknya kinerja mesin jadi berat auto mesin cepat panas kipas juga ikutan nyala juga. Boleh pakai oli merk lain, tapi sesuaikan dengan kode standar mesinnya.

Follow akun instagram fzmotovlog di @_fzmotovlog.. Thankyou..

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu