Penyebab Mesin Mobil Tidak Bisa Menyala Saat di Starter dan Cara Mengatasinya


- Apa jadinya jika dalam saat yang tidak tepat seperti saat terburu-buru, ada rapat, pergi ke sekolah dan sebagainya mobil tiba-tiba saja bermasalah. Masalah yang kerap kali terjadi ialah mobil tidak bisa distarter atau bahkan matot (mati total).

Mobil yang tidak bisa distarter tidak harus dibawa ke bengkel (mau dibawa juga gimana mesinnya gak mau hidup :v). Starter berkaitan erat dengan kelistrikan. Sedikit saja ada yang salah, maka starter tidak dapat memutar flywheel atau biasa dibilang "gak kuat, gak ngangkat". :v

Untuk mengetahui apa saja penyebab mobil tidak bisa distarter maka periksa terlebih dahulu komponen berikut.
  • Baterai/Aki/Accu/Accumulator Rusak
Kita sebut aki saja. Aki perannya sangat penting karena tugasnya menyimpan tenaga listrik yang akan digunakan kembali. Jika aki tidak normal, maka aki juga tidak bisa mempertahankan energi yang tersimpan atau "drop". Akibatnya, starter tidak bisa berputar atau bahkan hanya berbunyi cletek saat kontak pada posisi start.
  • Kabel Sekring Utama Putus
Kabel sekering biasa putus karena mencegah hubungan arus pendek agar menghindarkan kendaraan dari kebakaran. Jika putus maka arus listrik tidak terhubung. Akibatnya juga starter tidak dapat berputar.
  • Socket Kunci Kontak Kendor, Lepas, Kotor, dan sebagainya
Tentu jangan sampai lupa mengecek komponen yang satu ini. Tandanya jika socket ini kendor jika distart tidak ada reaksi sama sekali dari starter. Untuk itu segera parbaiki socket kunci kontak tersebut.

Sekian tentang penyebab mesin mobil yang tidak bisa menyala pada saat distarter dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu