Penyebab Mesin Motor Mati Mendadak (Mogok) di Jalan Beserta Cara Mengatasinya

 Tentu saja itu pengalaman yang menyebalkan bukan Penyebab Mesin Motor Mati Mendadak (Mogok) di Jalan Beserta Cara Mengatasinya

Pernah mengalami motor tiba-tiba mogok di jalan? Tentu saja itu pengalaman yang menyebalkan bukan. Sebenarnya kita dapat menyelesaikan masalah tersebut asal tahu apa penyebab mesin motor mati mendadak saat berkendara.

Dari masalah tersebut jika kita bedah dengan saksama ternyata banyak yang datang dari kesalahan atau kelalaian terkait akan perawatan sepeda motor yang kurang tepat.

Nah, langsung saja berikut beberapa penyebab motor mogok beserta cara mengatasinya.

Penyebab Mesin Motor Mati Mendadak (Mogok) di Jalan Beserta Cara Mengatasinya

1. Mesin Motor Overheat (Terlalu panas)

Penyebab motor mati mendadak saat panas adalah hal pertama yang akan kita bahas, terutama bagi yang doyan touring yang acap kali tidak mempersiapkan si kuda besi secara maksimal sehingga tak jarang membuatnya sering ngambek.

Alhasil motor mati secara tiba-tiba, penyebabnya karena mesin terlalu ngoyo. Alhasil aliran oli dalam mesin pun tersumbat, karena ring seher (piston) yang minim oli (kering).

Gesekan naik turun seher dalam ruang bakar selalu menimbulkan panas, dan hal inilah yang menyebabkan seher macet karena memuai alhasil seher dan liner boring pun bermasalah.

Masalahnya sepele karena oli pelumasan yang seharusnya melumasi ring seher tidak berjalan pada mustinya, alhasil seher pun memuai karena terlalu panas terlebih tidak teraliri oli yang berfungsi bukan hanya sebagai pelumas melainkan juga sebagai pendingin mesin motor.

Cara memperbaiki motor mogok karena overheat adalah sebagai berikut.

Tepikan motor terlebih dahulu dan tempatkan pada area yang sejuk.

Tunggu beberapa saat sampai mesin motor kembali dingin atau setidaknya tidak terlalu panas.

Selanjutnya buka busi motor, dan segera siram dengan oli secukupnya sampai dirasa oli sudah benar-benar melumasi seher motor.

Tunggu beberapa saat dan nyalakan kembali sepeda motor menggunakan starter elektrik, dan biasanya penyebab mesin motor sering overheat karena kondisi oli pelumasan yang buruk.

2. Saringan Udara Kotor (Mampet)

Peranan saringan udara pada motor memang sangatlah vital, terkait akan terjaganya kualitas campuran antara udara dan bahan bakar. Maka dari itu setiap udara masuk haruslah disaring terlebih dahulu dari kotoran, seperti : debu dan sebagainya.

Nah, bagaimana jika saringan atau filter udara motor kita kotor tentu saja mesin motor akan segera mati mendadak. Hal ini dikarenakan terganggunya suplai udara dari luar, yang mengakibatkan campuran bahan bakar dan udara kurang seimbang.

Berikut beberapa cara mengatasi mesin sepeda motor yang mogok karena saringan udara yang kotor atau berdebu.

Bersihkan saringan udara hal ini dapat Brosis lakukan ketika melihat kondisinya masih memungkinkan.

Ganti saringan udara dengan yang baru jika kondisinya sudah memprihatinkan, biasanya ini yang direkomendasikan.

Jika di jalan tidak ada satu pun bengkel atau toko onderdil motor, caranya cukup lepas saringan udara yang kotor. Hal ini bertujuan agar mesin motor kembali nyala dan dapat digunakan saat kondisi darurat, selanjutnya jika sudah memungkinkan segera pasang saringan udara dengan yang baru.

3. Tidak Bekerjanya Sistem Pengapian Sepeda Motor

Sistem pengapian dalam sepeda motor memang sangatlah penting, tanpa adanya percikan bunga api mesin tersebut tentu saja tidak akan bekerja.

Melihat masalah tersebut ada baiknya jika sewaktu-waktu motor Brosis mogok di jalan, bisa dipastikan dan cek apakah sistem pengapiannya berjalan maksimal atau tidak.

Baca Juga : Bagaimana Cara Merawat Aki Motor Agar Awet dan Tahan Lama?

Beberapa komponen sistem pengapian sepeda motor terdiri sebagai berikut : busi, koil, spul, CDI dan sebagainya. Cari dan perbaiki salah satu komponen tersebut supaya mesin motor dapat kembali dinyalakan.

Cara mengatasi motor tiba-tiba mati mendadak yang disebabkan oleh sistem pengapian yang kurang optimal.

Koil
Komponen yang berfungsi untuk memperbesar arus listrik ini memang sangat menunjang sistem kinerja pengapian motor, jika rusak akibatnya pincang.

Cara mengecek koil sepeda motor dengan mudah.
  • Caranya ambil kabel koil kemudian dekatkan kabel tersebut ke bodi (logam) motor sembari dilakukan starter motor.
  • Amati apakah masih koil masih bekerja dengan baik atau tidak, caranya dengan timbulnya percikan bunga api yang dihasilkan oleh koil tersebut.
  • Sebelumnya juga perlu diingat untuk pengecekan koil ada baiknya busi dalam keadaan masih terpasang, karena hasilnya akan lebih akurat.

CDI
CDI atau Capacitor Discharge Ignition adalah komponen utama sistem pengapian sepeda motor, walaupun jarang sekali terjadi kerusakan akan lebih baik jika kita cek terlebih dahulu.

Cara mengecek CDI pada motor dengan beberapa tahapan sebagai berikut.
  • Sediakan Avometer, selanjutnya pasangkan kabel warna merah Avometer ke kabel CDI yang terhubung ke koil dan hubungkan kabel hitam dari Avometer ke bodi motor.
  • Berikutnya setel Avometer, putar selector ke pilihan DC 250 Volt. 
  • Terakhir amati apakah masih ada pergerakan jarum Avometer baik ke kanan atau pun ke kiri, jika masih bekerja tandanya CDI dalam kondisi masih layak pakai namun jika sebaliknya (jarum Avometer tidak bergerak) CDI bisa dipastikan rusak.

Busi (Sparkplug)
Dilansir dari laman Wikipedia Busi (dari bahasa Belanda bougie, bahasa inggris: spark plug) adalah suatu suku cadang yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode pada ruang bakar.

Cara mengecek busi sepeda motor dengan beberapa langkah mudah.
  • Cara cek busi motor sangatlah mudah cukup lepaskan busi dan dekatkan pada bodi motor (Logam) sembari motor distarter.
  • Amati warna bunga api busi apakah berarna biru atau merah, jika warna percikan biru itu menandakan busi masih dalam kondisi baik namun jika percikan api berwarna merah ganti busi dengan yang baru.

4. Klep Motor Bermasalah

Penyebab lain motor mogok (rewel) juga bisa berasal dari klep yang berfungsi sebagai saluran masuk dan buang bahan bakar.

Celah katup atau klep motor memang sudah dibakukan di setiap masing-masing tipe mesin sepeda motor.

Jika saja ada klep yang rewel tak jarang mesin motor akan mati seketika, misalnya jika ada ketidak sesuaian pengaturan antara katup masuk dan buang alhasil mesin akan mengeluarkan bunyi aneh yang datang dari klep tersebut.

Dalam melakukan pengukuran celah katup sendiri juga harus diperhatikan jangan sampai terlalu rapat atau renggang, misalnya celah klep terlalu rapat akibatnya akselerasi (daya tarik) motor berkurang atau tidak maksimal. Selain itu mesin motor juga akan cepat panas dan tentu saja komponen tersebut juga aka cepat rusak.

Cara mengatasi motor mogok karena klep motor bermasalah adalah dengan cara mengatur kembali antara katup masuk dan buang (celah katup), gunakan feeler gauge untuk mengukur celah katup motor.

Selain itu yang harus diperhatikan juga saat melakukan penyetelan celah katup motor, ada baiknya ditunggu sampai mesin motor kembali dingin.

Baca Juga : Panduan Cara Merawat Mesin Sepeda Motor Baru dengan Benar

Sekian dan ijin pamit undur diri dulu Brosis, sekira ada tambahan mengenai apa penyebab motor mati mendadak atau mogok jalan beserta cara mengatasinya. Salam hangat salam Beritabelita.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu