Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dan Cara Mengatasinya


- Mobil kesayangan tiba-tiba gak bisa di starter? wah gawat nihh :v

Luar biasa lagi gawatnya jika mobil bertingkah disaat yang tidak tepat. Lagi ada urusan plus buru-buru misalnya. Biar keadaan saat itu hujan salju bisa membuat keringat mengalir dan rasa esmosih dicampur kecewa dapat membuat sebuah kata mutiara yang akan terucap dari lisan ini wkwk :v.

Oke langsung saja fz akan membahas apa saja penyebab mobil tidak bisa distarter dan cara menanggulanginya. Berikut ulasannya...

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

1. Sekering Putus

Yaps, dimulai dari yang paling ringan dulu..

Sekering yang putus salah satunya sekering starter dapat menjadi penyebab mesin tidak dapat menyala walaupun sudah 2 tahun distarter (canda :v). Sekering starter putus bisa disebabkan oleh arus listrik yang mengalir terlalu besar, ada korsleting, dan sebagainya. Jadi, jika mobil tiba-tiba tidak bisa distarter terlebih dahulu periksa sekering starternya. Jika sekering starter ditemukan rusak segera ganti dengan yang baru.

Jika sudah mengganti sekering dan sekering kembali putus, berarti ada yang tidak normal dengan sistem starter. Untuk mengatasi agar tidak membuat repot lain waktu, segera periksa dengan teliti sistem kelistrikan starter. Jika alat-alatnya kurang, bisa membawanya ke bengkel atau bengkel resmi.

2. Tali Kipas / Fan Belt / Timing Belt Rusak

Fan belt yang sudah aus karena masa pakainya yang mulai habis membuat perputaran komponen yang saling terhubung menjadi tidak maksimal. Salah satunya Alternator. Jika alternator putarannya kurang maksimal maka proses pengisian baterai juga kurang. Akibatnya, suplai arus listrik dari aki ke starter kurang kuat sehingga tidak kuat memutar starter.

Jadi, Periksa apakah fan belt masih layak pakai atau tidak. Dan segera ganti jika menemukan kerusakan pada fanbelt.

3. Alternator atau Dinamo Isi Rusak

Alternator ini cukup penting untuk selalu diperhatikan kondisinya, selain untuk mengisi baterai, alternator juga sebagai pensuplai arus listrik untuk menyalakan aksesoris kendaraan untuk membantu pekerjaan baterai.

Jika alternator rusak, aki akan bekerja lebih berat karena tidak didampingi suplai arus dari alternator. Akibatnya aki cepat tekor bahkan habis. Disini, saat mobil hendak dinyalakan kembali arus listrik dari baterai tidak dapat memutar starter.

4. Baterai Rusak Karena Overcharging

Overcharging pada baterai biasanya disebabkan oleh kiprok atau regulator. Tugas keduanya ini harus dapat membatasi arus listrik yang mengalir berlebihan ke baterai. Karena jika arus berlebihan, baterai akan panas dan elektrolit baterai bisa-bisa kering. Hal ini dapat membuat baterai rusak dan akhrinya mobil tidak bisa distarter.

Jika aki tidak rusak dan hanya mengalami tekor dan tidak kuat memutar starter, hal ini dapat dengan mudah dikenali dengan mendengar suara khas starter "cletak" begitu kunci kontak diputar. Hal ini dapat diatasi dengan menjumper aki dengan mobil lain. Jika tetap tidak bisa, maka jalan terakhirnya dengan mengganti dengan aki yang baru.

Jadi periksa juga bagaimana kondisi regulator atau kiprok pada mobil, jika ditemukan rusak segera ganti dengan kiprok baru.

5. Dinamo Starter Error atau Rusak

Yaps, tidak bisa distarter bisa jadi disebabkan oleh starternya sendiri :v

Untuk mengetahui jika dinamo starter rusak biasanya dengan mendengarkan suara yang terdengar aneh pada saat starter hidup. Seperti salah satunya starter berbunyi "sssiingg", "ngek.. ngeekk.. ngeek" dan sebagainya.

Jika timbul suara aneh tersebut coba bawa mobil ke tempat servis dinamo starter agar tau penyakit yang diidap oleh dinamo starter.

Cara Mengatasi Mobil Yang Tidak Bisa Distarter

1. Saat mobil tidak bisa distarter, jika mobil bertransmisi otomatis, maka aki harus dijumper atau diganti. Jika mobil bertransmisi manual dapat dicoba dengan menjumper aki atau mendorong mobil. Namun jika sudah mendorong hingga ratusan km mobil masih tidak dapat menyala, maka solusi terbaik ialah dengan mengganti akinya.

2. Rutin mengecek sistem kelistrikan terutama bagian sistem starter, rutin memeriksa komponen-komponen penting, rutin memeriksa ketinggian elektorlit baterai, mengganti soket-soket yang sudah mulai berkarat.

3. Jika dirasa sudah lama, coba servis starter guna mencegah kerusakan pada starter nantinya, dan komponen penting lainnya.

Yoshh, sekian dari fz tentang Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dan Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat, see you..

Post a Comment for "Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dan Cara Mengatasinya"