Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Rem Motor Bunyi Berdecit dan Solusinya

Penyebab Rem Motor Bunyi Berdecit dan Solusinya Penyebab Rem Motor Bunyi Berdecit dan Solusinya
Rem Motor

Rem sepeda motor bunyi (berdecit)? Ketahuilah ada penyebab rem motor bunyi terlebih saat dilakukan pengereman.

Walaupun sebenarnya banyak yang menyepelekan, akan tetapi hal tersebut bisa berakibat fatal jika kita mengabaikannya. Terlebih ini sering kali menyiksa telinga ketika terdengar suara merdu saat tuas rem mulai ditekan.

Ada banyak sebab timbulnya decit baik itu pada rem cakram atau tromol, berikut beberapa diantaranya.

Penyebab Rem Depan dan Belakang Motor Bunyi Berdecit 

Kampas Rem kotor

Kotornya kampas rem menjadi sebab timbulnya desahan daripada rem itu sendiri, kampas rem kotor bisa didapatkan dari serbuk logam sisa pengereman atau minyak yang berasal dari minyak rem yang bocor.

Masalah kampas rem kotor dapat Anda tangani dengan cara membuka komponen tersebut dan bersihkan bagian yang kotor terutama bagian kampas dengan cara digosok dengan amplas yang halus. Lakukan kesemuanya sampai tidak ada kotoran yang menempel, kalau tidak rem akan berbunyi meskipun kampas rem telah diganti yang baru.

Kampas Rem Tidak Singkron

Menanggapi masalah yang satu ini terkadang kita suka lupa dan memaksakan kehendak tidak pada tempatnya, pemasangan setelan kampas rem yang bukan satu set dapat membuat rem tidak bekerja optimal.

Contohnya saja motor kita membutuhkan kampas dengan merk x akan tetapi malah kita pasangkan dengan kampas merk y. Jadi usahakan beli yang sesuai standard yang ditentukan.

Piringan Rem Cakram Sudah Tipis

Penyebab rem cakram bunyi salah satunya datang dari sini, ketika komponen tersebut sudah mulai aus sehingga daya tekan kampas kurang maksimal yang menghasilkan bunyi merdu pada motor.

Solusinya pastinya juga sudah pada tahu, yaitu dengan melakukan penggantian disc brake yang baru. Tidak ketinggalan juga saat pembokaran harus dilakukan pembersihan komponen rem karena pasti masih ada sisa kotoran yang dapat mengakibatkan problem yang sama.

Kampas Rem Selip 

Kebiasaan buruk yang tanpa disadari oleh para pengguna kendaraan bermotor yaitu ketika asik terlalu lama menekan tuas rem sehingga menyebabkan kampas rem cepat habis dan kehilangan daya saat rem ditekan.

Akibatnya selain kampas cepat habis juga ikut mempengaruhi kampas kopling yang menjadi keras. Menjawab semuanya segera ganti kampas rem dengan yang baru.

Kampas Rem Tipis

Masalah yang satu ini adalah problem yang wajar ketika kampas sudah mulai menipis sehingga menyebabkan daya tekan yang semakin berkurang sehingga menghasilkan bunyi saat dilakukan pengereman.

Solusi ganti yang baru dan lakukan pembersihan terhadapnya.

Nah, ternyata jika kita bahas tidak hanya karena sebab umum seperti kampas rem yang mulai menipis terdapat juga karena faktor yang lain seperti kotor, berminyak, ketidaksesuaian komponen, dan lain-lain.

Bukan hanya untuk menghilangkan bunyi decit pada kampas, sebenarnya itu juga menjadi pertanda bahwa kondisi rem sudah butuh perhatian guna menjaga kita dari mara bahaya akibat rem yang tidak efektif dalam bekerja atau kurang pakem.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Ban Cacing atau Ban Kecil

Saya cukup kan pembahasan mengenai apa penyebab rem motor bunyi, baik itu rem depan atau rem belakang motor yang bermasalah (berbunyi).

Post a Comment for "Penyebab Rem Motor Bunyi Berdecit dan Solusinya"