Penyebab Roda Depan Mobil Berbunyi Saat Melaju Dan Berbelok


Sumber : Google Image
Bunyi-bunyian tersebut tentunya sangat mengganggu khususnya telinga driver, iya dong.. masa mata? hahaha.. Konsentrasi juga bisa terganggu karena bunyi ini timbul saat mobil melaju, menikung, dan bermanuver. Takutnya rodanya lepas kan gak lucu hihi..

Timbulnya bebunyian ini banyak dipengaruhi oleh komponen yang sudah aus. Yap, contohnya seperti bushing-bushing (karet) penahan yang tidak lagi empuk, komponen joint oblak, dan sebagainya.


Jika mobil dengan penggerak roda depan, komponen yang sering ditemukan aus/rusak salah satunya CVJ atau Constant Velocity Joint.


CV Joint memiliki karet boot yang fungsinya menahan pelumas agar tidak keluar dan mencegah CV Joint terkena kotoran. Oleh karena itu, karet boot CV Joint perlu diperhatikan kondisinya. Karet boot CV Joint cukup diperiksa dengan memutar steering secara penuh ke kiri atau ke kanan.

Jika karet boot sudah retak sebaiknya diganti sebelum karet boot sobek. Karena jika sobek, pelumas akan keluar dan CV Join akan aus bahkan rusak.


Tanda CV Join yang rusak bisa dirasakan saat menikung atau berbelok dengan kecepatan tinggi, mobil terasa membuang keluar. Mobil juga seperti tertahan jika melakukan akselerasi awal.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu