Penyebab Temperatur Mobil Naik atau Panas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Temperatur Mobil Naik dan Cara Mengatasinya Penyebab Temperatur Mobil Naik atau Panas dan Cara Mengatasinya
Overheat

Temperatur mobil naik atau mesin mobil cepat panas, fenomena seperti ini sering kali menimpa mesin-mesin mobil yang sudah tua.

Kendati demikian ada beberapa sebab temperatur mobil panas yang dikarenakan kelalaian kita saat melakukan perawatan mobil.

Cara mudah mengetahui bahwa mesin mobil bermasalah terutama ketika temperatur mobil naik secara tidak wajar yaitu Anda hanya cukup melihat indikator temperatur mesin, yang biasanya terletak di dekat panel spidometer mobil.

Jika mobil Anda termasuk ke dalam golongan mobil tua, ada beberapa penjelasan yang dapat diterapkan untuk cara mengatasi mesin mobil panas atau overheating.

Keluhan yang sering dirasakan saat menghadapi masalah seperti ini biasanya, sebagai berikut :

  • Mesin mobil atau kendaraan panas sekali, kendati panel indikator temperatur mobil mengatakan hal itu masih wajar atau normal.
  • Atau yang lebih mengejutkan tak kala Anda sudah melakukan perawatan, meliputi : penggantian air radiator, pengecekan dinamo, pengecekan tali kipas, dan lain-lainnya yang masih berhubungan dengan kinerja sistem pendinginan mesin.

Nah, melihat beberapa keluhan di atas. Penyebab temperatur mobil naik atau overheating dapat di atasi dengan, cara berikut.

Cara Mengatasi Mesin Mobil Panas atau Temperatur Naik Khusus Mobil Tua Normal

Pertama cara sederhananya untuk mengurangi suhu panas yang ada di sekitar ruang mesin, yaitu Anda dapat menambahkan benda dengan daya resap panas yang baik dengan ketentuan bahan tersebut tahan terhadap panas. Hal itu untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan, Anda dapat menggunakan bahan seperti : Aluminium foil yang dapat disematkan di kap mesin.

Kedua jika mobil Anda sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC, ini sangat berpengaruh terhadap naiknya temperatur mobil mengingat mobil yang sudah berumur. Jadi gunakan AC seperlunya saja, jangan terlalu sering.

Cara mengatasi mesin mobil panas karena faktor dimakan usia sudah, kini saatnya kita menjawab masalah yang terjadi pada mesin yang masih terbilang baru.

Berbeda dengan problem yang di atas, untuk masalah ini kita akan fokus terhadap perawatan terutama untuk bagian sistem pendinginan mobil.

Penyebab Temperatur Mobil Naik dan Cara Mengatasinya Secara Umum

Berikut beberapa penyebab temperatur mobil naik atau overheating dengan kondisi mesin mobil masih layak.

Pertama Anda dapat kesehatan tutup radiator mobil, periksa apakan pegasnya masih bekerja atau sudah saatnya melakukan penggantian. Ganti jika bermasalah, karena tidak bisa diperbaiki.

Kedua thermostat tidak bekerja dengan baik, thermostat berperan penting untuk air saat mencapai suhu kerja guna mengatur pergantian air keseluruhan elemen sistem pendingin.

Ketiga periksa v-belt apakah masih dalam kondisi layak kerja atau sudah mulai kendur, periksa dengan cara memuntir v-belt atau tali kipas. Hal ini karena v-belt berpengaruh terhadap kinerja kipas yang baik, jika dirasa kurang layak segera melakukan penggantian.

Keempat oli mesin sudah tidak layak lagi untuk digunakan, ganti oli mesin jika sudah mencapai beberapa ribu kilometer (biasanya ada di buku catatan masing-masing mobil). Lakukan untuk meringankan kerja mesin, oli dengan tingkat kekentalan yang yang baik menjaga komponen mesin tetap terjaga.

Kelima periksa apakah ada kebocoran pada rangkaian sistem pendinginan, cek dengan melihat bagian bawah kendaraan.

Sekedar tips dalam melakukan pengisian air radiator ada baiknya gunakan air khusus radiator (biasanya dijual dalam bentuk kemasan literan), jika terpaksa gunakan air PDAM dan jangan gunakan air sumur karena akan meninggalkan kerak pada elemen radiator.

Melakukan perawatan mobil secara benar dan rutin dapat mengurangi resiko kerusakan mesin. Cukup sekian penjelasan mengenai penyebab temperatur mobil naik dan solusinya.

0 Response to "Penyebab Temperatur Mobil Naik atau Panas dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel