Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Mobil Mesin Bensin vs Mobil Mesin Diesel Itu Nyata!

Perbedaan Mobil Mesin Bensin vs Mobil Mesin Diesel Itu Nyata Perbedaan Mobil Mesin Bensin vs Mobil Mesin Diesel Itu Nyata!

Jika membahas apa perbedaan mobil bermesin bensin dengan mobil bermesin diesel (solar), sama-sama penunjang mendasar laju sebuah kendaraan beroda empat. Lantas perbedaan ini dilihat dari faktor apa saja atau hanya dinilai dari presepsi masyarakat saja?

Bimbang dan ragu acap kali mau membeli mobil, kata si A mobil bensin itu lebih baik berbeda dengan si B yang mengatakan bahwasanya mobil diesel lah yang lebih unggul. Hmm bingung kan Bro...

Perbedaan antara mobil bermesin diesel dan bensin memang tak bisa dipungkiri, masing-masing mesin memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Nah, menjawab semuanya ada beberapa perbedaan mendasar terkait dari kedua mesin tersebut.

Apa Perbedaan Mobil Mesin Bensin dengan Mobil Mesin Diesel

Ramah Lingkungan

Hal pertama yang dapat Brosis amati secara kasat mata yaitu mengenai kotoran atau asap hasil pembakaran bahan bakar yang dihasilkan oleh kedua mesin tersebut.

Mesin bensin cenderung mengeluarkan asap lebih pekat, atau bisa dibilang kadar CO2-nya lebih banyak. Sehingga jangan heran sewaktu hendak memanasi mesin bensin biasa keluar asap akibat pembakaran yang kurang sempurna.

Mesin diesel bisa dibilang sukses sebagai mobil ramah lingkungan, mobil diesel memang memiliki pembakaran yang lebih sempurna ketimbang mesin bensin sehingga tak heran jika mobil diesel jarang berasap (kadar CO2-nya sedikit).

Kendati demikian mesin diesel juga tidak selamanya ramah terhadap lingkungan, mungkin hasil CO2-nya sedikit akan tetapi mesin diesel juga menghasilkan gas Nitrogen Oksida. Nitrogen Oksida yang merupakan penyebab penyakit asma memang masih dihasilkan mesin bertenaga solar ini.

Lain halnya sama mesin bensin meskipun NOx atau Nitrogen Oksida yang dihasilkan lebih sedikit, akan tetapi dampak CO2-nya yang lebih buruk dari mesin diesel menyebabkan setiap pemilik kendaraan bermesin bensin harus lebih ekstra membayar pajak kendaraannya. Polutan tinggi pajak juga ikut tinggi khusus mesin bensin.

Tenaga yang Dihasilkan

Berbicara mengenai tenaga atau performa yang dihasilkan dari masing-masing mesin memang sangatlah berbeda.

Mesin bensin sudah banyak yang tahu bahwa penggemar balap biasanya akan tertarik untuk menaiki mobil ini ketimbang harus menaiki mobil bermesin diesel. Mobil bermesin bensin memang dirancang untuk performa mesin tinggi, gambarannya mesin akan melaju lebih maksimal jika sudah menginjak putaran atas. Sedangkan untuk tingkat putaran bawah mesin bensin cenderung melemah.

Kelebihan mesin bensin tidak dimiliki mesin bensin begitu juga sebaliknya, ini dapat dilihat dari kinerja mesin diesel yang cenderung lebih optimal ketika berada diputaran mesin rendah. Diputaran terendah mesin diesel justru akan memiliki sensasi yang luar biasa, tenaga lebih optimal dan maksimal hal tersebutlah yang mendasari kenapa mesin diesel lebih pas diterapkan pada kendaraan muatan.

Segi Kenyamanan

Berbicara soal kenyamanan berkendara mesin bensin dibilang sudah mengantongi kesemuanya, ini terkait akan pendapat masyarakat yang sudah terkuak akan kebenarannya.

Mesin bensin dengan sistem proses kerjanya yang tidak seekstra mesin diesel, di mana mesin diesel sangat bergantung dnegan daya kompresi yang sangat tinggi.

Daya kompresi yang terlalu tinggi tersebutlah pemicu setiap mobil bermesin diesel biasanya lebih berisik dan bergetar lebih hebat, ketimbang mesin bensin yang lebih kalem dan tenang.

Soal Harga

Kesemuanya sudah disajikan dan kini saatnya kita menilik seberapa jauh perbandingan harga dari kedua mesin tersebut.

Mesin bensin mungkin akan menguasai dalam segmen ini, hal tersebut ada benarnya karena mesin bensin dalam kinerjanya tidak memerlukan tekanan yang sangat tinggi bak mesin diesel. Jadi bisa dianggap komponen yang diperhatikan hanya itu-itu saja dan dapat disimpulkan bahwa harga mesin bensin tentu lebih murah.

Hal di atas tentu sangat terbalik dengan kondisi pada mesin diesel sendiri yang kinerjanya sangat memerlukan komponen pendukung yang lebih kuat. Tekanan atau kompresi yang tinggi dari mesin harus dibayar dengan dengan komponen mesin yang memungkinkan, seperti common rail injector dan pompa bensin adalah beberapa sampel komponen yang memiliki banderol harga tinggi. Jadi tidak heran jika harga mesin diesel lebih mahal ketimbang mesin berbahan bakar bensin.

Bagaimana Bro terkait perbedaan mendasar dari kedua mesin tersebut antara mesin berbahan bakar solar dengan mesin berbahan bakar bensin.

Baca juga : Apa Perbedaan Mendasar Aki Kering dengan Aki Basah?

Kesemuanya jelas memiliki kekurangan dan kelebihan dari masing-masing sektor, dan semuanya jelas dikembalikan kepada pilihan konsumen apakah tertarik dengan mesin bensin atau mesin diesel.

Post a Comment for "Perbedaan Mobil Mesin Bensin vs Mobil Mesin Diesel Itu Nyata!"