Periksa Beberapa Komponen Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Beberapa Komponen Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

- Melihat indikator suhu pada dashboard yang meningkat begitu cepat membuat sang driver merasa risih dan khawatir. Apalagi jika mobil sedang dipakai untuk perjalanan jauh, kalau rusak bisa bahaya bukan.?

Keadaan ini begitu terasa parah saat mobil terjebak macet, dan suhu lingkungan sekitar yang tinggi akibat terik matahari. Keadaan ini bisa membuat mesin mobil jadi panas berlebih atau overheating. Akibatnya, mesin sulit untuk dihidupkan kembali. Wah, repot nih.


Masalah mesin cepat panas dari biasanya bisa disebabkan oleh beberapa komponen seperti berikut :

1. Masalah pada komponen Radiator

Yap, komponen sistem pendingin tentu berpengaruh dalam hal ini. Seperti pada kisi-kisi atau sirip pada radiator yang bengkok, bilah kipas yang patah, thermostat yang macet, selang radiator yang sudah mulai rusak, terdapat kotoran pada saluran-saluran radiator, air radiator yang kurang bahkan habis, semua ini penyebab utama yang menyebabkan temperatur mesin menjadi lebih cepat panas.


2. Masalah pada komponen Mesin

Terutama pada mobil yang menggunakan kipas manual yang diputar langsung oleh fan belt, putaran kipas tidak maksimal akibat fan belt yang kendor yang membuat hembusan angin menjadi kurang. Hal ini akan diperparah apabila kisi-kisi pada radiator rusak. Oleh karena itu, hindari mencuci mobil menggunakan air bertekanan tinggi pada bagian depan agar mencegah kisi-kisi pada radiator rusak.

Lalu bagaimana dengan kipas elektrik? sama saja.

Selain itu juga perhatikan penggunaan oli mesin. Selalu gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin. Jika menggunakan yang terlalu kental akan membuat kinerja mesin berat dan pastinya akan membuat mesin cepat panas.

Begitu juga jika menggunakan oli mesin yang terlalu cair, ketahanan oli terdahap panas mesin juga rendah yang akan membuat jumlah oli pada mesin berkurang. Akibatnya mesin juga akan menjadi cepat panas.

Beberapa komponen tersebut sering menjadi penyebab permasalahan mesin menjadi cepat panas. Bahkan mobil baru saja berjalan beberapa meter, indikator suhu meningkat melebihi batas normal secara tidak wajar atau terlalu cepat.

Periksa komponen tersebut dan lihat bagaimana kondisinya. Jika rusak parah maka sebaiknya diganti dengan komponen yang baru dan sesuai spesifikasi mobil.

Yap sekian tentang beberapa komponen yang menjadi penyebab mesin mobil menjadi cepat panas, semoga bermanfaat. Oh iya satu lagi.. Punya Photo Vixion?
Yuk Ramein, Follow Dan Upload Photo Vixion Anda di Instagram Vixion Pict Collector
Dengan Tag atau Mention ke @vpcid dan Langsung VPC Reupload.. Langsung Follow ya sob..

A post shared by Vixion Pict Collector (@vpcid) on

Post a Comment

0 Comments

Close Menu