Rantai Motor Bunyi Berisik Sebab dan Penyelesaiannya

Rantai Motor Bunyi Berisik Sebab dan Penyelesaiannya Rantai Motor Bunyi Berisik Sebab dan Penyelesaiannya
Rantai Motor

Penyebab rantai motor bunyi berisik memang beragam dan seringkali membuat telinga kita gatal, terlebih jika sudah mengakali dengan mengencangkan kembali rantai yang kendor yang disinyalir penyebab utama rantai motor berisik tetapi nyatanya juga kumat lagi. Lantas bagaimana cara mengatasi rantai motor berisik?

Menjawab semua masalah di atas yaitu dengan mengamatinya secara visual, dengan melihatnya secara langsung dan mengamati akan lebih mudah untuk dianalisa.

Apakah karena faktor kurangnya perawatan atau faktor kelalaian kita sendiri, yang jelas banyak faktor penyebab rantai berisik.

Langsung saja apa saja sebab-sebab rantai berisik dan bagaimana cara mengatasinya, berikut penjelasan singkatnya.

Rantai Motor Bunyi Berisik Sebab dan Penyelesaiannya

Rantai Motor Kendor

Rantai motor yang kendor seringkali menjadi penyebab umum masalah yang satu ini, ini lantaran gerakan rantai yang terlalu bebas sehingga mengakibatkan rantai menyentuh kerangka dari motor itu sendiri.

Cara mengatasinya sebenarnya sepele cukup mengencangkan kembali rantai tersebut, akan tetapi terkadang hal yang tidak diingikan terkadang menghampiri. Kumat lagi walaupun sudah beberapa kali dikencangkan.

Menjawab semua masalah tersebut sudah saya sajikan dalam kupas penyebab rantai motor kendor dan solusinya. Banyak sekali mulai dari rantai kering, beban berlebih, dan faktor-faktor lainnya.

Gunakan tensioner/stabilizer rantai karena gerakan rantai yang tak terkontrol, maka dengan alat ini Bro dan Sista dapat mengatur dan menahan gerakan rantai agar tetap pada jalurnya. Tensioner ini dapat dibeli di toko-toko onderdil sepeda motor terdekat, untuk harga ada yang 2 ratus ribu tergantung dari merk dan kualitas.

Jika terpaksanya gunakan gabus atau bahan lainnya untuk meredam rantai saat menyentuh kerangka motor, ini berguna untuk meminimalisir bunyi akibat hentakan rantai.

Gear Goyang

Penyebab selanjutnya datang dari dudukan rantai itu sendiri atau gear, gear goyang menyebabkan rantai berjalan tidak konstan dan menimbulkan bunyi.

Solusinya adalah dengan melakukan pengecekan gear roda belakang. Lepas roda belakang motor copot seal ass roda, kemudian lepas juga gear rantai dari dudukannya sembari memperhatikan empat lubang di dalamnya yang akan kita sisipi ring untuk meminimalisir gear goyang.

Rantai berisik sering kali diderita oleh motor laki seperti : Byson, Tiger, bahkan Satria FU yang seringkali menjadi langganan. Kendati demikian sebenarnya masalahnya datang dari bagaimana cara kita merawat motor itu sendiri, perawatan yang salah hanya akan mengakibatkan masalah.

Mungkin segitu saja edisi Tips n' Trik Motor mengatasi rantai motor bunyi berisik dengan mudah. Simak Juga : Kelebihan dan Kekurangan Rantai, Belt, dan Shaft

Post a Comment

0 Comments

Close Menu