Tata Cara Merawat Jok Sepeda Motor Agar Terlihat Mengkilap

Tata Cara Merawat Jok Sepeda Motor Agar Terlihat Mengkilap Tata Cara Merawat Jok Sepeda Motor Agar Terlihat Mengkilap
Jok Motor

Banyak cara mempercantik tampilan motor salah satunya dengan cara merawat jok sepeda motor agar tetap bersih dan mengkilap.

Hal tersebut seringkali luput dari perhatian kita, tak hayal jok motor pun lama-kelamaan memudar dan tak jarang sudah ada beberapa yang bolong.

Jok motor sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan bahan pembuatnya, seperti jok motor berbahan calp spon, jok motor berbahan kulit sintetis, atau jok motor yang terbuat dari kulit asli.

Kesemuanya tetap memiliki fungsi dan peran yang sama sebagai penunjang kenyamanan berkendara, kendati masing-masing jok masih mempunyai kekurangan yang mendasar.

Baca Juga : Mau Tahu Cara Mencuci Sepeda Motor Agar Bersih Maksimal?

Oke Brosis langsung saja berikut tata cara membersihkan jok motor yang kotor dengan cara yang benar tentunya.

Cara Merawat Jok Sepeda Motor yang Baik dan Benar Agar Lebih Mengkilap

Dalam melakukan perawatan jok sepeda motor ada beberapa tahap yang harus diperhatikan. Salah satunya mengenai tingkah laku atau kebiasaan yang harus segera ditinggalkan, berikut beberapa diantaranya :

Jok Motor Kepanasan

Kerap kali kita lupa menempatkan motor pada posisi dan tempat yang salah, tempat yang panas dan terpapar oleh sinar matahari langsung membuat jok terasa terbakar karena saking panasnya. Hal tersebut tentu saja berakibat buruk pada jok, seperti warna jok mudah luntur.

Muatan Jok Motor

Sering membawa barang di atas motor? dan mungkin tanpa kita sadari ada beberapa barang yang tidak boleh dibawa tetapi terpaksa harus kita angkut. Barang dengan kontur agak berduri sebaiknya jangan ditumpangkan langsung ke jok motor, ada baiknya dilambari dahulu dengan alas kardus atau plastik. Hal tersebut meminimalisir resiko jok berlubang.

Cuci Jok Motor

Saat melakukan pencucian jok motor, ada kalanya juga kita memperhatikan kondisi jok motor tersebut apakah masih mulus atau sudah berlubang. Khusus jok berlubang ada baiknya saat membersihkan jok menggunakan air lubang pada jok tersebut setidaknya ditutupi terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar air tidak masuk merembes ke spon jok.

Material Pembersih Jok Motor

Shampo Khusus
Saat mencuci jok motor lebih baik jika menggunakan bahan pembersih, gunakan shampo khusus agar tampilan jok semakin mengkilap.

Kain Pembersih
Gunakan lap bersih dan lembut untuk mengelap dan membersihkan jok motor, jangan gunakan sikat kasar hal ini dimaksudkan agar jok motor tidak kebaret saat digosok.

Semir Khusus
Seringkali tanpa kita sadari ada fenomena kebiasaan yang salah yaitu banyak yang beranggapan bahwa dengan menyemir jok menggunakan semir ban membuat jok lebih keliatan keling Bro. Hal tersebut seharusnya sudah mulai dihilangkan, pasalnya dengan menyemir jok menggunakan bahan yang tidak semustinya justru akan memperburuk kondisi jok motor tersebut.

Baca Juga : Solusi Knalpot Bersih Mengkilap Tanpa Karat

Berikut sekedar tips membersihkan jok motor dari noda yang membandel, seperti : lem, getah, bekas stiker, dll.

Cara Membersihkan Jok Sepeda Motor dari Noda yang Membandel

  1. Caranya cukup sediakan kain bersih lembut syaratnya kain tersebut harus kering.
  2. Sediakan cairan minyak tanah sedikit, ini berguna dalam mengangkat noda bandel pada jok.
  3. Bersihkan noda yang membandel menggunakan kain kering yang sudah dibasahi sedikit dengan minyak tanah.
Baca Juga : Tips Cara Membersihkan Helm Sendiri dengan Sangat Mudah

Mungkin segitu dulu untuk Tips n' Trik cara merawat jok sepeda motor agar terlihat kinclong dan mengkilap.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu