Tips Cara Mencuci Motor yang Benar dan Bersih Sendiri di Rumah

Tips Cara Mencuci Motor yang Benar dan Bersih Sendiri di Rumah Tips Cara Mencuci Motor yang Benar dan Bersih Sendiri di Rumah

Bro and Sis sekalian edisi Tips n' Trik kali akan mengulas tentang tips cara mencuci motor yang benar dan bersih sendiri di rumah, tenang saja Bro motor sampeyan dijamin kinclong.

Ulasan mengenai cara membersihkan motor ini saya tulis lantaran masih ada yang kurang begitu paham soal tata cara mempercantik tampilan si roda dua.

Sering tidak puas terhadap jasa pelayanan pencucian motor juga disinyalir kita lebih condong untuk melakukannya sendiri, terlebih kita juga akan lebih teliti dalam memandikan motor kesayangan.

Terlebih jika musim hujan datang, motor akan ditempa air bercampur lumpur yang siap melekat kuat di bodi motor bak lukisan abstrak. Akan tetapi apakah hanya berlaku saat musim hujan saja motor kotor? tidak juga nyatanya kondisi jalanan berdebu juga ikut berperan menyumbang buluknya motor.

Oke, berikut beberapa hal yang patut diperhatikan saat mencuci sepeda motor.

Tips Cara Mencuci Motor Sendiri dengan Benar dan Bersih

Cara Mencuci Sepeda Motor Tahap Pertama #1

Hal pertama kali yang perlu Bro and Sis siapkan yaitu seperangkat alat kebersihan, seperti :
  • Sikat
  • Spons Pembersih
  • Kanebo (Kain pembersih khusus)
  • Shampo (Khusus motor)
  • Air
  • Ember
Peralatan dan bahan-bahan di atas nantinya kita akan gunakan sepenuhnya sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Cara Mencuci Sepeda Motor Tahap Kedua #2

Setelahnya jika semua bahan dan peralatan sudah Bro and Sis siapkan, kini saatnya menyiapkan lahan atau tempat khusus untuk membersihkan motor.

Ada baiknya pilih tempat yang berdekatan dengan saluran pembuangan, untuk meminimalisir becek akibat pencucian motor tersebut. Lebih baik lagi jika kondisi bawah sudah rata dengan semen.

Cara Mencuci Sepeda Motor Tahap Ketiga #3

Memasuki tahap ini dengan semua kesiapannya, sudah saatnya kita langsung action membersihkan kotoran pada motor.

Langkah Pertama
Siapkan ember yang telah terisi air yang sudah dicampurkan shampo khusus pembersih motor.

Langkah kedua
Guyur motor menggunakan air biasa sebaiknya difokuskan pada bagian bawah saja, seperti : kaki-kaki, pelek, dll. Pada bagian atas hanya dibolehkan mengelapnya dengan kanebo, hal ini dilakukan untuk meminimalisir resikonya air masuk ke sela-sela bodi motor yang dapat menimbulkan karatan.

Langkah Ketiga
Jika semua sudah cuci sepeda motor dengan apa yang sudah disiapkan dilangkah pertama, bersihkan sampai merata terutama pada bagian bawah. Gosok secara perlahan dan terarah.

Langkah kelima
Jika pada bagian bawah motor sudah beres, kini tinggal bagian atas, seperti : jok, tangki, headlamp, dll. Cukup gunakan kanebo untuk membersihkannya, terlebih pada sela-sela yang dekat dengan sistem kelistrikan motor.

Langkah keenam
Setelah semua selesai bilas motor menggunakan air biasa, ini untuk menghilangkan sisa deterjen pada bodi motor. Bilas sampai semuanya bersih dan jangan lupa tuk gunakan kanebo, ini bertujuan untuk menghilangkan bercak sisa deterjen pada bodi.

Cara Mencuci Sepeda Motor Tahap Keempat #4

Setelah semuanya selesai langkah demi langkah mencuci sepeda motor, kini saatnya memasuki tahap pengeringan. Manfaatkan lingkungan sekitar dengan menempatkan motor di tempat yang redup dengan sirkulasi angin yang wus. Jangan menempatkan motor di bawah terik matahari langsung.

Cara Mencuci Sepeda Motor Tahap Kelima #5

Sembari menunggu motor kering dengan cara diangin-angingkan alangkah baiknya jika kita manfaatkan untuk membersihkan rantai motor.

Sama halnya dengan air hujan, air bekas cucian motor juga tidak baik bagi kesehatan rantai. Bersihkan rantai motor dengan sikat yang sudah diberi oli khusus rantai motor, tujuannya selain bersih juga akan mempercepat akselerasi motor.

Baca Juga : Mau Tahu Penyebab Rantai Motor Kendor dan Cara Mengatasinya?

Setelahnya Bro and Sis dapat melakukan semir terhadap ban motor, jika itu perlu alangkah baiknya menggunakan kuas sesuai ukuran ban. Semir searah akan menghasilkan hitam yang sempurna.

Cara Mencuci Sepeda Motor Tahap Keenam #6

Jika sudah kering semuanya giliran melakukan pemolesan yang terakhir yaitu pengelapan pada seluruh bodi motor untuk menghilangkan bercak putih bekas deterjen, gunakan kain kering nan lembut. Bila mau lebih kinclong lagi gunakan vaselin khusus bodi motor biar makin bersih dan mengkilap.

Akhirnya semuanya sudah beres kini terserah Bro and Sis saja mau dipakai atau disimpan rapi di garasi.

Sekedar Tips Tambahan

Sebelum mencuci motor sebaiknya motor sudah dalam keadaan mesin dingin, ini untuk menjaga mesin kaget karena siraman air yang dingin. Akibatnya sudah pada tahu pastinya mesin akan rentan rusak.

Gunakan shampo pembersih khusus sepeda motor, jangan gunakan bahan pembersih lain. Hal ini untuk menjaga cat agar tetap apik dipandang atau tidak luntur karena pemakaian bahan pembersih yang salah.

Pada bagian yang vital, terutama pada daerah kelistrikan dan bahan bakar. Sebaiknya cukup dilakukan pengelapan saja untuk menghindari konslet dan air masuk ke tangki bahan bakar.


Oke, Bro kayaknya dah mau langsung nyuci motor nih. Maka dari itu saya pamit undur diri dulu pada bahasan tips cara mencuci motor yang benar dan bersih. Bye, see you next time..

Post a Comment

0 Comments

Close Menu