Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Pintar Memilih Ban Mobil Kualitas Unggulan

 dari segi kualitas material bahan pembuatnya Tips Pintar Memilih Ban Mobil Kualitas Unggulan
Ban Mobil

Menjawab pertanyaan mengenai cara memilih ban mobil yang tepat dan bagus dari segi kualitas material bahan pembuatnya, itu sangatlah mutlak dan wajib Brosis ketahui.

Ban dengan kualitas terbaik dapat dilihat secara kasat mata, baik kelenturan karet dan kepadatannya.

Nah, berikut beberapa cara memilih ban mobil berkualitas baik.

Tips Cara Mudah Memilih Ban Mobil yang Bagus Berkualitas

Merk Ban Mobil

Saat kita membeli suatu barang pastinya kita melihat dari sisi luarnya terlebih dahulu, termasuk juga soal merk ban. Semakin dikenal maka kepercayaan konsumen pun semakin meningkat, alhasil merk tersebut menjadi acuan sebagai ban dengan kualitas yang baik.

Nah, memanfaatkan hal tersebut kita bisa menganalisanya mana ban dengan kualitas terbaik di kelasnya. Terlepas daripada itu bukan juga jaminan bahwa ban mobil tersebut memiliki karet dengan kualitas mumpuni.

Harga Ban Mobil

Ban dengan kualitas terbaik biasanya harus dibayar dengan banderol harga selangit, hal itu lumrah saja terjadi. Pasalnya untuk membuat suatu produk dengan bahan terbaik juga biasanya dibanderol dengan harga yang tinggi.

Kendati demikian jeli melihat kondisi ban itu sendiri lebih menguntungkan terlebih jika mendapatkan ban dengan kualitas bagus dengan harga yang murah.

Baca Kode Ban Mobil

Dalam setiap pembelian ban mobil baru ada baiknya sebagai konsumen kita wajib tahu dan bisa baca kode ban.

Hal ini dikarenakan ketidaksesuaian ban akan berakibat kurang nyaman karena memang bukan pakem standardnya.

Berikut beberapa kode dasar yang harus diketahui jika hendak mengganti ban dengan model terbaru.

Poin 1. Tipe Ban Mobil
Ban kendaraan juga memiliki beberapa tipe sesuai kegunaannya, untuk mengetahuinya itu sangatlah mudah.

Caranya hanya dengan mengamati beberapa kode yang tertera pada dinding ban, contohnya : P185/60R14 82H artinya : tipe ban tersebut merupakan ban yang dikhususkan untuk mobil penumpang karena diawali dengan huruf P (Passenger).

Poin 2. Tinggi dan Lebar Ban Mobil
Nah, yang satu ini terkadang luput dari perhatian kita. Terkait akan tinggi dan lebar ban yang sesuai dengan model kendaraan kita, apakah untuk jalanan biasanya atau untuk offroad.

Mobil seperti sedan dan sebagainya sangat cocok bila dipadukan dengan ban yang tidak terlalu tinggi, ini akan terlihat cantik secara visual (ceper).

Berbeda dengan tipe mobil offroad yang mayoritas digunakan untuk melintasi jalanan bergelombang, tipe ban tinggi dan lebar sangatlah pas terlebih dengan paduan pull ban yang gede untuk daya cengkram ban lebih optimal.

Poin 3. Daya Maksimum Ban Mobil
Standard atau pakem ban soal daya maksimum memang sudah tertera pada masing-masing produk ban mobil.

Hal ini berguna untuk meminimalisir resiko kecelakaan, seperti kode maksimum kecepatan kendaraan yang dibolehkan berdasarkan kriteria ban tersebut.

Contohnya : P185/60R14 82H yang artinya huruf paling belakang yaitu hurruf H menunjukan daya kecepatan maksimum ban yang dibolehkan yaitu 210 kph.

Mobil dengan kecepatan tinggi seperti super car ada baiknya memperhatikan batas maksimumnya, lain halnya dengan mobil biasa atau pun pick up yang hanya mengandalkan kekuatan ban tersebut.

Nah lebih jelasnya soal kode ban tersebut berikut beberapa sajiannya.
Simbol Q : 160 kph. Simbol S : 180 kph. Simbol T : 190 kph. Simbol U : 200 kph.
Simbol H : 210 kph. Simbol V : 240 kph. Simbol W : 270 kph. Simbol Y : 300 kph.
Simbol (Y) : +300 kph.
Mudah bukan biasanya kode tersebut tersemat diurutan paling buncit pada kode ban.

Pilih Kawat atau Benang?

Banyak yang berspekulasi terkait hal ini, bingung pilih yang mana akan tetapi selalu ada jawab rasional dari pertanyaan tersebut.

Ban yang dalemannya memakai kawat baja biasanya lebih rentan rusak, karena sifat kawat sendiri yang kaku. Hal ini bisa Brosis amati saat kondisi ban mulai tipis, biasanya yang dalemannya kawat cenderung lebih cepat ngulet. Permukaan ban tidak rata atau bergelombang parahnya kalau dikendarai suka menimbulkan sensasi tersendiri.

Berbeda dengan ban yang dalemannya pakai benang atau nilon, ban cenderung lebih stabil kondisinya walaupun ban sudah tipis. Hal tersebut dikarenakan sifat benang yang mudah menyesuaikan.

Pull Ban

Berperan untuk mencekram roda saat kendaraan melaju di jalanan, adalah salah satu fungis dari keberadaan tonjolan-tonjolan pada ban tersebut. Semakin besar dan semakin tebal pull tentunya daya cengkram roda ke jalan pun semakin kuat.

Saat membeli ban mobil ada baiknya memilih pul dengan alur m+s atau mud and snow, karena ban tersebut cocok digunakan dalam segala medan baik berlumpur, salju, dan hujan.

Sebagai tambahan saat pemasangan ban ada baiknya mengikuti alur ban yang ditentukan, hal ini bermanfaat untuk memaksimalkan daya cengkram roda ke jalan.

Baca Juga : Mau Tahu Apa Perbedaan Angin Ban Nitrogen dengan Isi Angin Ban Biasa?

Mungkin itu saja tips sederhana cara memilih ban mobil guna persiapan sebelum membeli ban mobil Brosis, salam.

Post a Comment for "Tips Pintar Memilih Ban Mobil Kualitas Unggulan"