Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trik menyalakan motor Injeksi sehabis kehabisan bensin!

Google Image
FZ Motovlog - Habis bensin, di tengah jalan pula, mana lagi POM jauh, penjual eceran juga pada jauh-jauh?? Hahhh! Sebenarnya, yang jualan bensin tidak jauh, tapi kalau harus sembari dorong motor, cerita sedih kian menambah pedih!

Tapi, bila motor anda telah terlanjur habis bensin, apa mau dikata, tetaplah cari penjual dan segera isi bensin. Meski sesudah isi bensin, masih ada masalah yang menanti, yaitu motor sulit dinyalakan. Kenyataan pahit ini, adalah hasil dari kehabisan bensin yang akhirnya menimpa pompa elektris pada motor berteknologi injeksi kepunyaan anda. Teknologi injeksi memiliki sistem kerja yang diatur oleh komputer mesin atau ECU, artinya bensin diumpan dari tangki dengan menggunakan pompa elektris.

Aihh, teknologi?? memberi kemudahan sekaligus menyisipkan kesulitan....? Selalu ada harga yang mesti dibayar, kalau menghendaki perubahan. Bukankah begitu, brooo??

Kalau karburator, tanpa komponen elektris, maka masih mendapatkan aliran bahan bakar dengan cara pengkabutan downdraft ( mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah ). Sederhananya, saat mau menghidupkan/ menyalakan kembali setelah diisi bensin ke tangki, cukup dengan menendang kick starter selama beberapa kali dalam kondisi kunci kontak Off, maka bisa dipastikan motor langsung bisa jalan tanpa mbrebet alias ngadat-ngadat.

Kembali ke motor injeksi, dengan memakai teknologi komputer mesin atau ECU, atau ECM ( Electronic Control Module ) yang berperan menghidupkan fuel pump untuk menyuplai bahan bakar ke injector, maka setelah kehabisan bensin dan diisi kembali, cukup memutar kontak ON-Off sebanyak tiga kali yang bertujuan memompa bensin yang ada di tangki. Selanjutnya, motor sudah bisa berjalan seperti biasanya. Dan jangan lupa selalu mengisi bahan bakar sebelum betul-betul kehabisan. ( sumber, otorider.com )

Salam motovlog!

Post a Comment for "Trik menyalakan motor Injeksi sehabis kehabisan bensin!"