Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghidupkan dan Mematikan LED dengan Satu Tombol Arduino

 Menyalakan dan mematikan led dengan 1 tombol menjadi hal unik dalam sebuah project arduino. Prosesnya yang sangat sederhana dan mudah diikuti membuatnya menjadi salah satu project arduino yang paling sering dipraktekkan.

Cara Menghidupkan dan Mematikan LED dengan Satu Tombol Arduino
Animasi Kerja

Membuat program untuk menyalakan led pada arduino ini pun terbilang mudah. Hanya dengan beberapa kode program utama yang akan saling mengisi dan terkait. Project arduino kita ini akan berhasil bekerja dengan baik sesuai harapan.

Menyalakan dan mematikan led dengan push button arduino

Skema dan rangkaian menyalakan dan mematikan led dengan push button arduino ini dapat anda modifikasi sesuai selera anda. Sebagai seorang programmer arduino, latihan semacam ini digunakan hanya untuk langkah awal dalam menguji ide yang terlintas dipikiran anda.

Semua komponen-komponen yang kita perlukan untuk menghidupkan dan mematikan led dengan satu tombol kami uraikan dibawah. Anda dapat dengan mudah menemukan setiap bagian di toko spartpart elektronik kota anda, dan harganya pun masih terjangkau.

Alat Dan Bahan LED dengan Satu Tombol

  • Arduino sebanyak 1 pc
  • Breadboard sebanyak 1 pc
  • button sebanyak 1 pc
  • LED 5mm sebanyak 1 pc
  • Resistor 220-1k ohm sebanyak 1 pc
  • Resistor 1k-10k ohm  1 pc
  • Kabel jumper male-male sebanyak 5 pcs
  • Power tegangan 9V DC.

Skema Rangkaian LED dengan 1 Tombol

Cara Menghidupkan dan Mematikan LED dengan Satu Tombol Arduino
Gambar Kerja
Adapun skema rangkaian menyalakan dan mematikan led dengan 1 tombol diperlihatkan pada gambar diatas. Terlihat pada bagian arduino hanya 4 terminal yang kita gunakan selain terminal sumber power 9V. Breaboard juga memiliki jalur-jalur terhubung dan tidak terhubung, terdapat 4 kelompok jalur pada breadboard. Masing-masing kelompok terhubung dan tidak terhubung kita manfaatkan sebagai pemutus hubungan.

Kode program LED pada arduino

Kita memerlukan program untuk menyalakan led pada arduino ini. Jangan khawatir! Kami sudah menyiapkan sketchnya untuk anda. Yang perlu anda lakukan hanya, copy lalu pastekan kode program dibawah ini ke software arduino. Tinggal buat new project, akan muncul halaman baru, lalu tempelkan kode dibawah ini pada lembar kerja tersedia.

/* labtech.my.id
/* created 27 Sep 2005
/* modified 30 Aug 2011
/* by Tom Igoe
/* This example code is in the public domain.
/* http://www.arduino.cc/en/Tutorial/ButtonStateChange */
int button = 2;
int nilaibutton;
int count;
int led = 13;
void setup() {
Serial.begin(9600);
pinMode(button, INPUT);
pinMode(led, OUTPUT);
}
void loop() {
nilaibutton = digitalRead(button);
// Serial.println(nilaibutton);
if (nilaibutton == 1) {
count++;
Serial.println(count);
delay(300);
if (count == 1) {
digitalWrite(led, HIGH);
}
if (count == 2) {
digitalWrite(led, LOW);
count = 0;
}
}
}

Cara Merakit Rangkaian

  1. Terminal arduino no 2 dihubungkan ke push button in menggunakan kabel jamper male-male.
  2. Sementara push button out sebelahnya lagi dihubungkan ke terminal arduino 5V, tetapi melalui breadboard.
  3. Terminal arduino no 13 dihubungkan ke katoda (bagian positif) lampu LED dengan menggunakan kabel jamper male-male.
  4. Terminal arduino no 5V disambungkan resistor berukuran 1K, namun hubungan ini melalui lubang/jalur di breadboard.
  5. Kaki resistor 1K yang satunya lagi di sambungkan dengan kaki anoda (negatif) lampu LED.
  6. Terminal arduino no GND dikoneksikan ke resistor ukuran 220 ohm, tetapi dengan perantara jalur breadboard.
  7. Kaki resistor ukuran 220 ohm yang sebelah lagi, anda sambungkan ke push button in. Sehingga pada bagian ini ada tiga kaki komponen yang saling terhubung.
  8. Selesai.
Pada tahap ini, komponen sudah jadi tinggal rangkaian menghidupkan dan mematikan led dengan satu tombol lanjut ke langkah upload program. Saran kami kepada anda agar melakukan pengecekan ulang hubungan setiap komponen, gambar kerja pada sub judul skema rangkaian yang menjadi prioritas anda dalam membuat hubungan.

Cara Upload Program arduino

  1. Tulis kode program. Lakukan penulisan mengikuti kaidah skecth arduino yang berlaku. Bentuk tag pembuka dan tag menutup suatu perintah sudah baku untuk dituliskan. Akan lain halnya ketika anda membuat kesalahan dalam struktur penulisan program arduino.
  2. Verifikasi kode program. Menurut anda mungkin sudah mengikuti struktur dari penutup dan pembuka dari kode program arduino. Apabila ada kesalah struktur akan cepat anda ketahui dari tanda peringatan yang ditunjukkan software. Namun, apakah program ada yang bentrok? Verifikasi dengan menekan tombol dengan ikon centang pada software arduino.
  3. Tekan tombol upload. Setelah aman dan tidak terdapat bentrok perintah program, peringatan tidak akan muncul, yang ada adalah sukses. Jika sudah seperti ini, tandanya kode program yang anda tulis sudah siap untuk diupload.
  4. Tunggu proses upload selesai. Segera setelah tombol tanda panah kanan anda tekan, proses pengiriman kode program akan dilaksanakan. Memori penyimpanan ROM pada arduino menjadi tempat program ini.

Perakitan komponen dan Upload kode program
Prosedur Menguji

  1. Menghidupkan LED tekan push button pertama. Program untuk menyalakan led pada arduino hanya mengoperasikan push button saja. Tekanan pertama ketika awal mula dihidupkan sebagai signal kepada arduino untuk mengirimkan tegangan positif ke terminal arduino no.13.
  2. Mematikan LED tekan push button kedua (berikutnya). Penekanan push button selanjutnya akan membuat signal mengalir ke terminal arduino no. 2. Lalu lampu led akan padam setelah tegangan positif dari terminal arduino no13 hilang.

Kesimpulan

  1. Push button hanya dimanfaatkan sebagai trigger signal. Ketika push button ditekan, kedua kaki push button akan terhubung, akibatnya ada arus positif mengalir. 
  2. Signal masuk ke terminal arduino no 2 didapat dari push button.
  3. Kaki led yang terbalik menyebabkan led tidak hidup, jika ini terjadi, anda akan menganggap rangkaian gagal, padahal penyebabnya led terbalik.

Post a Comment for "Cara Menghidupkan dan Mematikan LED dengan Satu Tombol Arduino"