Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengklasifikasi Jenis-jenis alat tangan (hand tools)

Mengklasifikasi jenis-jenis alat tangan (hand tools) - Bacalah uraian berikut ini! Setiap pekerjaan di bengkel pasti memerlukan peralatan yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan tersebut. Contohnya saat kamu akan membuka baut roda mobil. Kamu tentu tidak dapat membuka baut roda itu dengan menggunakan tangan kosong.
Mengklasifikasi Jenis-Jenis Peralatan Tangan (Hand Tools)
Mekanik Bekerja dengan Hand Tools
Kamu dapat membuka baut roda itu dengan menggunakan kunci roda. Kunci roda adalah kunci yang khusus digunakan untuk membuka baut pada roda mobil, truk, maupun bus. Kunci roda termasuk ke dalam peralatan tangan di bengkel karena cara pengoperasiannya dengan  menggunakan tangan. Ada banyak  peralatan tangan yang digunakan di bengkel otomotif, seperti: kunci ring, kunci pas, kunci kombinasi, kunci momen, kunci soket, berbagai jernis tang, obeng, palu, dan lain-lain.

Selain peralatan bengkel otomotif, ada peralatan tangan lain yang perlu kamu pelajari yaitu peralatan kerja bangku. Peralatan kerja bangku merupakan peralatan yang digunakan untuk merngerjakan bernda kerja berupa pelat dengan menggunakan bangku kerja berupa ragum. Salah satu peralatan kerja bangku yang sering digunakan adalah kikir. Kikir digunakan untuk meratakan permukaan benda dan membentuk benda kerja sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Mengklasifikasi Jenis Peralatan Tangan (Hand Tools)

Dapatkah kamu menyebutkan peralatan kerja bangku yang lainnya selain kikir? Selain kikir, ada beberapa jenis peralatan kerja bangku di bengkel, seperti: penggores, gergaji, snei, penitik, penggaris siku, dan lain-lain. Pelajarilah materi pada bab ini dengan penuh semangat untuk menambah pengetahuan dan keterampilanmu mengenai cara menggunakan peralatan tangan dan peralatan kerja bangku.

Sebelum memulai pelajaran, biasakanlah untuk selalu berdoa sesuai agama dan kepercayaanmu agar kamu dapat mengamalkan ilmu yang kamu peroleh pada bab ini dengan baik. Adapun Bahasan mengklasifikasi Jenis-jenis peralatan tangan ( hand tools ), antara lain:
  1. Peralatan Tangan Di Bengkel Otomotif
  2. Peralatan Kerja Bangku
  3. Perawatan Peralatan Kerja Bangku
  4. Uji Kompetensi
1. Peralatan Tangan Di Bengkel Otomotif

Peralatan bengkel mobil dan peralatan bengkel motor merupakan hal yang wajib di miliki oleh setiap bengkel karena fungsinya yang bisa membantu mempermudah pekerjaan yang berat. Peralatan bengkel biasanya di bagi menjadi 2 bagian yaitu hand tools dan power tools. 

Hand tools merupakan alat yang mengandalkan kekuatan tangan, sedangkan power tools merupakan alat yang sumber tenaga mengandalkan dari listrik. Berikut merupakan peralatan bengkel mobil yang wajib anda miliki. Lihat disini untuk lebih jelasnya mengenai jenis-jenis alat tangan ( hand tools ).

2. Peralatan Kerja Bangku

Kerja Bangku Adalah pekerjaan perkakas tangan yang di gunakan untuk melakukan pembentukan, perbaikan dan perakitan yang sesuai dengan masing-masing fungsi peralatan tangan dengan mesin dan semua pekerjaan dilakukan di atas meja kerja (work bench). Kerja bangku meliputi pekerjaan yang bisa atau dapat dilakukan diatas meja.

Contohnya: Mengikir, mengetap, menggeerinda, melukis ,menandai, menggergaji, menekuk, mengebor dan pekrjaan merakit serta finishing. Sebelum pekerjaan-pekerjaan tersebut diatas terlebih dahulu mengetahui dan memahami tentang alat ukur. Seperti contohnya: mistar baja ,jangka sorong, rolmeter, mikrometer dan juga harus mengetahui tentang peralatan-peralatan tangan yang standar, itulah yang disebut kerja.

Mengklasifikasi jenis-jenis alat tangan (hand tools) pada pekerjaan kerja bangku meliputi berbagai jenis kontruksi geometris yang sesuai dengan perintah kerja. Kerja bangku tidak hanya menitik beratkan pada pencapaian hasil kerja, tetapi juga pada prosesnya. Dimana pada proses tersebut lebih menitik beratkan pada etos kerja yang meliputi ketekunan, disiplin, ketahanan, serta teknik sebagai dasar sebelum melanjutkan ke pengerjaan yang menggunakan mesin - mesin produksi.

Kunci kesuksesan dari kerja bangku ini adalah kesabaran dan ketelitian dalam bekerja. Karena setiap pekerjaan yang dilakukan pasti akan menyita waktu yang lama bila dibandingkan dengan alat yang menggunakan mesin pada waktu sekarang Pada bengkel kerja bangku peralatan ukur yang digunakan harus benar-benar presisi, maka peralatan ukur, cara memegang alat ukur, cara melakukan pengukuran, dan kesalahan-kesalahan yang biasa terjadi dalam pengukuran harus benar-benar diketahui secara baik.

3. Perawatan Peralatan Kerja Bangku

Saat bekerja pasti terkadang kita menggunakan jenis-jenis peralatan tangan ( hand tools ) untuk memudahkan pekerjaan kita. Hand tools yang terurus dengan baik akan mengurangi peluang kecelakaan dalam bekerja karena kerusakan alat bantu. Alat-alat kerja yang baik dan terurus juga akan menghambat kontaminasi zat-zat pada alat yang mudah karatan, atau kita juga memahami kondisi perlengkapan itu jika kita rajin memeriksanya. Hal-hal yang perlu di perhatikan yaitu :
  1. Melindungi ruang kerja itu agar tetap bersih selama bekerja
  2. Membersihkan ruang kerja
  3. Meninggalkan tempat kerja dalam kondisi bersih dan aman
Serta untuk cara merawatnya sederhana ternyata cukup mudah : Menempatkan Alat safety pada tempatnya setelah selesai dipakai, Melakukan pembersihan dengan berkala, Memeriksa Alat Safety sebelum digunakan untuk ketahui adanya kerusakan atau tidak layak pakai, Memastikan Alat Safety yang dipakai aman untuk keselamatan jika tidak sesuai maka perlu ditukar dengan alat yang baru.

Laksanakan pengecekan rutin yang menyangkut cara penyimpanan, kebersihan dan kondisinya Jika saat dilakukan pengecekan diketemukan perlengkapan kerja yang kualitasnya tidak pas kriteria maka alat itu ditarik dan tidak dibenarkan untuk dipakai.

Apabila kita rajin merawatnya sudah pasti perlengkapan kerja kita akan tertangani dan terpantau, itu juga untuk keselamatan kita gan. Apalagi jika kita bekerja dengan mesin-mesin berat yang membutuhkan perlindungan keselamatan yang lebih lengkap.

4. Uji Kompetensi

Tujuan melaksanakan uji kompetensi mengklasifikasi jenis-jenis peralatan tangan ( hand tools ) adalah mendapatkan spesifikasi dari setiap sikap, pengetahuan, keterampilan dan atau keahlian serta penerapannya secara efektif dalam pekerjaan sesuai dengan standar kinerja yang dipersyaratkan.

Setelahnya sertifikasi kompetensi bukti bahwa proses pemberian sertifikat kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui uji kompetensi yang mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) atau regional atau internasional.

Dengan adanya sertifikat Kompetensi anda sudah memiliki bukti pengakuan tertulis atas penguasaan kompetensi kerja pada jenis profesi tertentu yang diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Klasifikasi jenis peralatan tangan dapat dibedakan berdasarkan alat tangan itu sendiri. Misalnya saja berdasarkan kunci (wrench), berdasarkan obeng, berdasarkan tang, berdasarkan dan lain-lain. Hal ini dikarenakan setiap alat tangan tersebut masih bermacam-macam. Macam-macam hand tools dapat anda lihat disini.

Akhirnya kita tuntaskan juga pembahasan Mengklasifikasi jenis-jenis alat tangan (hand tools) ini. Semoga saja ada banyak ilmu yang bisa di petik darinya. Jika ada hal yang menggangu dipikiran anda, boleh kita diskusi disini.

Post a Comment for "Mengklasifikasi Jenis-jenis alat tangan (hand tools)"